PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN, ORIENTASI PASAR, DAN STRATEGI BISNIS TERHADAP KINERJA BISNIS UMKM BIDANG KULINER DI JAKARTA BARAT

HARTATO, FIDELIA (2021) PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN, ORIENTASI PASAR, DAN STRATEGI BISNIS TERHADAP KINERJA BISNIS UMKM BIDANG KULINER DI JAKARTA BARAT. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Fidelia Hartato 115170127 JA.pdf

Download (652kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari orientasi kewirausahaan, orientasi pasar, dan strategi bisnis terhadap kinerja bisnis UMKM bidang kuliner di Jakarta Barat. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden pemilik UMKM di Jakarta Barat dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan bantuan software SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan orientasi kewirausahaan, orientasi pasar, dan strategi bisnis memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja bisnis. Kata kunci: orientasi kewirausahaan, orientasi pasar, strategi bisnis, kinerja bisnis UMKM The purpose of this study was to determine the effect of entrepreneurial orientation, market orientation, and business strategy on the business performance of SMEs in the culinary field in West Jakarta. The sample used in this study were 100 respondents who owned MSMEs in West Jakarta with purposive sampling technique. This research was analyzed using SmartPLS software. The results of this study indicate that entrepreneurial orientation, market orientation, and business strategy have a positive and significant impact on MSME business performance. Keywords: entrepreneurial orientation, market orientation, business strategy, MSME business strategy

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 14 Jun 2022 03:40
Last Modified: 25 Jul 2023 04:03
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/36078

Actions (login required)

View Item View Item