Fanatisme dan Sifat-Kepribadian sebagai prediktor perilaku agresif supporter sepakbola (Studi pada klub sepakbola X di Jakarta)

Hapsari, Siti Ranita (2022) Fanatisme dan Sifat-Kepribadian sebagai prediktor perilaku agresif supporter sepakbola (Studi pada klub sepakbola X di Jakarta). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Text (1).pdf

Download (161kB)

Abstract

Kompetisi seperti sepak bola selalu membawa penonton fanatik yang mendukung klub mereka ke dalam situasi dan kondisi apapun, serta aturan dan norma dapat dengan mudah dilanggar yang mengarah ke perilaku agresi. Penelitian ini menguji hubungan apakah fanatisme dan kepribadian berdampak pada perilaku agresif sebagai prediktor pada konsep psikologis. Metode penelitian ini adalah teknik sampling accidental terhadap anggota resmi dari klub pendukung sepak bola di Jakarta. Ada tiga kuesioner terdiri dari Buss-perry aggression questionnaire, Big five inventory, dan skala fanatisme. Penelitian ini menunjukkan tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara fanatisme dan sifat-kepribadian terhadap perilaku agresif. Terdapat beberapa alasan mengapa hal tersebut tidak terbukti yaitu fanatisme bukanlah suatu fenomena yang negatif dan tidak terdapat hubungan langsung dari sudut teori dan statistik antara sifat-kepribadian dan perilaku agresif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Bonar Hutapea, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Aggressive behavior, supporter, soccer, fanaticism, trait-personality
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 14 Jun 2022 04:40
Last Modified: 14 Jun 2022 04:40
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/36089

Actions (login required)

View Item View Item