Hubungan antara Persepsi Siswa Terhadap Sense of Humor Guru dengan Motivasi Belajar Siswa SMA (Studi pada siswa kelas 10 dan 11 di Sekolah IK, Jakarta)

Purnomo, Feline (2022) Hubungan antara Persepsi Siswa Terhadap Sense of Humor Guru dengan Motivasi Belajar Siswa SMA (Studi pada siswa kelas 10 dan 11 di Sekolah IK, Jakarta). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Text (1).pdf

Download (277kB)

Abstract

Mutu pendidikan di Indonesia dapat dikatakan terpuruk, salah satu penyebab rendahnya pendidikan yaitu kualitas guru yang mendidik. Guru yang berkualitas mempengaruhi motivasi dan prestasi belajar siswa. Guru yang berkualitas salah satunya adalah guru yang memiliki sense of humor.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara persepsi siswa terhadap sense of humor guru dengan motivasi belajar siswa SMA. Penelitian ini menyertakan 176 siswa, 89 siswa kelas 10 dan 87 siswa kelas 11 di sebuah Sekolah IK, di Jakarta Utara menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data utama dalam penelitian ini menggunakan uji korelasi Pearson dengan r= 0,311 dan p= 0,000 < 0,00. Hal ini menunjukkan bahwa adanya hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi siswa terhadap sense of humor guru dengan motivasi belajar siswa SMA. Makin positif persepsi siswa terhadap sense of humor guru, maka makin tinggi motivasi belajar siswa. Sebaliknya makin negatif persepsi siswa terhadap sense of humor guru, maka makin rendah motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sri Tiatri, Ph. D., M. Si., & Rahmah Hastuti, M. Psi.
Uncontrolled Keywords: Sense of Humor, motivasi belajar, persepsi
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 14 Jun 2022 05:23
Last Modified: 14 Jun 2022 05:23
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/36091

Actions (login required)

View Item View Item