PENGARUH EWOM DAN BRAND AWARENESS TERHADAP PURCHASE INTENTION YANG DI MEDIASI OLEH BRAND IMAGE SEPATU ADIDAS DI JAKARTA

DJOHAR, KEVIN LEONARDI (2021) PENGARUH EWOM DAN BRAND AWARENESS TERHADAP PURCHASE INTENTION YANG DI MEDIASI OLEH BRAND IMAGE SEPATU ADIDAS DI JAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Kevin Leonard Djohar 115170489 JA.pdf

Download (1MB)

Abstract

This study aims to determine how the influence of ewom and brand awareness on purchase intention mediated by brand awareness of adidas Jakarta shoes. This study has 2 independent variables, namely ewom and brand awareness with the dependent variable being purchase intention and the mediating variable is brand image. The research design used is a quantitative method with a descriptive approach. Sampling using purposive sampling technique. The sample in this study was 119 respondents who were collected by distributing questionnaires through google form. Data analysis used partial least squares-structural equation modeling (PLS-SEM) using PLS software version 3.3. The results of this study state that ewom and brand awareness have an influence on consumer purchase intention. Brand image can positively and significantly mediate ewom on purchase intention for adidas shoe consumers in Jakarta. The results of this study prove that ewom is one of the important things in marketing products so that it will be able to improve brand image which will then affect purchase intention. One of the best strategies for Adidas is Ewom. The right strategy in marketing through eWOM can provide information on Adidas shoes to other consumers so that it will increase the purchase of Adidas shoes. Apart from eWOM, brand awareness is also one factor that needs to be improved by ADIDAS AG according to this research. Keyword: Purchase intention, Brand image, ewom, brand awareness. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari ewom dan brand awareness terhadap purchase intention yang di mediasi oleh brand image sepatu adidas jakarta. Penelitian ini memiliki 2 variabel independen yaitu ewom dan brand awareness dengan variabel dependen yaitu purchase intention serta variabel mediasinya adalah brand image. Desain penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik convenienve sampling. Sampel pada penelitian ini sebanyak 119 responden yang dikumpulkan dengan cara menyebarkan kuesioner melalui google form. Analisis data menggunakan partial least squares-stuructureal equation modeling (PLS-SEM) dengan menggunakan software PLS versi 3.3 . Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa ewom dan brand awareness memiliki pengaruh terhadap purchase intention konsumen. Brand image dapat memediasi ewom terhadap purchase intention secara positif dan signifikan pada konsumen sepatu adidas di jakarta. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa ewom merupakan salah satu hal penting dalam memasarkan produk sehingga akan mampu meningkatkan brand image yang kemudian akan berpengaruh terhadap purchase intention. Salah satu strategi yang tepat untuk Adidas adalah Ewom. Strategi yang tepat dalam pemasaran lewat eWOM mampu memberikan informasi sepatu adidas kepada konsumen lainnnya sehingga akan meningkatkan pembelian sepatu adidas. Berdasarkan penelitian ini, Selain eWOM, brand awareness juga merupakan salah satu factor yang perlu ditingkatkan ADIDAS AG. Kata kunci: Purchase intention, Brand image, ewom, brand awareness

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 15 Jun 2022 02:34
Last Modified: 25 Jul 2023 09:09
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/36131

Actions (login required)

View Item View Item