PENGARUH KESESUAIAN SELEBRITI-MEREK TERHADAP NIAT PEMBELIAN MELALUI ASOSIASI MEREK DAN SIKAP MEREK PADA PENGGUNA APLIKASI TOKOPEDIA DI JAKARTA

ZEVANIA, MANUELLA (2021) PENGARUH KESESUAIAN SELEBRITI-MEREK TERHADAP NIAT PEMBELIAN MELALUI ASOSIASI MEREK DAN SIKAP MEREK PADA PENGGUNA APLIKASI TOKOPEDIA DI JAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Manuella Zevania 115170028 JA.pdf

Download (973kB)

Abstract

The purpose of this study was to examine the effect of celebrity-brand congurence on purchase intention and test brand attitude, brand assocaiton as a mediation between celebrity-brand congruence, and purchase intention. In total, 150 online questionnaires were distributed to Tokopedia application user in Jakarta. Convenience sampling method was used and data collected were analyzed using PLS-SEM. The result of this research show that celebrity-brand congruence has a significant effect on brand association, brand association has a significant effect on brand attitude. Also, brand association and brand attitude can influence purchase intention. Celebrity-brand congruence does not have a positive effect on brand attitude and purchase intention, therefore mediation is not supported. Celebrity-brand congruence can influence purchase intention through mediating brand association and brand attitude. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kesesuaian selebriti-merek terhadap niat pembelian serta menguji asosiasi merek, sikap merek sebagai mediasi antara kesesuaian selebriti-merek dan niat pembelian. Populasi dari penelitian ini adalah 150 pengguna aplikasi Tokopedia di Jakarta. Metode convenience sampling digunakan dengan menyebarkan kuesioner secara online yang kemudian diolah menggunakan PLS-SEM. Hasil dari penelitian ini adalah kesesuaian selebriti-merek dapat mempengaruhi asosiasi merek, asosiasi merek dapat mempengaruhi sikap merek. Kemudian asosiasi merek dan sikap merek dapat mempengaruhi niat pembelian. Kesesuaian selebriti-merek tidak berpengaruh positif terhadap sikap merek dan niat pembelian maka dapat disimpulkan bahwa mediasi tidak didukung. Kesesuaian selebriti-merek dapat mempengaruhi niat pembelian melalui mediasi asosiasi merek dan sikap merek.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 15 Jun 2022 03:16
Last Modified: 26 Jul 2023 03:29
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/36139

Actions (login required)

View Item View Item