PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL UNTUK CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT TERHADAP KINERJA BISNIS DENGAN KOMPETENSI SOSIAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Hariyanto, Marshel Erastus (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL UNTUK CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT TERHADAP KINERJA BISNIS DENGAN KOMPETENSI SOSIAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Marshel Erastus Hariyanto 115172001 JA.pdf

Download (841kB)

Abstract

The purpose of this study was to determine whether there is a positive effect on the use of social media for CRM as an independent variable and social competency as a moderating variable on the business performance of MSMEs in Jakarta. The research design used is descriptive research, the sample used in this study non-probability sampling. This study collect data by distributing questionnaires to 42 MSMEs in Jakarta, the results of this study indicate that the use of social media for CRM has a positive and significant effect on business performance, social competency has a positive effect on business performance and social competency is unable to moderate the effect of the use of social media for CRM on business performance. Keywords: The Use Of Social Media For CRM, Social Competency, Business Performance. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh positif penggunaan media sosial untuk CRM sebagai variabel independen dan kompetensi sosial sebagai variabel moderasi terhadap kinerja bisnis UMKM di Jakarta. Desain penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif, sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu non-probability sampling. Penelitian ini mengumpulkan data dengan menyebar kuesioner kepada 42 UMKM yang ada di Jakarta, hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media sosial untuk CRM berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja bisnis, kompetensi sosial berpengaruh positif terhadap kinerja bisnis dan kompetensi sosial tidak mampu memoderasi pengaruh penggunaan media sosial untuk CRM terhadap kinerja bisnis. Kata Kunci: Penggunaan Media Sosial Untuk CRM, Kompetensi Sosial, Kinerja Bisnis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 15 Jun 2022 03:21
Last Modified: 26 Jul 2023 03:58
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/36142

Actions (login required)

View Item View Item