ANALISIS PENGARUH KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, KEPEMILIKAN MANAJERIAL, UKURAN DEWAN SERTA LEVERAGE TERHADAP KUALITAS LABA DENGAN MANAJEMEN LABA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PERUSAHAAN PROPERTY DAN REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA UNTUK PERIODE 2013-2017

Ariestian, Lusy (2018) ANALISIS PENGARUH KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, KEPEMILIKAN MANAJERIAL, UKURAN DEWAN SERTA LEVERAGE TERHADAP KUALITAS LABA DENGAN MANAJEMEN LABA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PERUSAHAAN PROPERTY DAN REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA UNTUK PERIODE 2013-2017. Masters thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

[img] Text
Lusi Ariestian 127161019 JA.pdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris bagaimana pengaruh kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, ukuran dewan serta leverage terhadap kualitas laba melalui manajemen laba sebagai variabel intervening. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari laporan audit dan laporan tahunan perusahaan melalui website BEI yaitu www.idx.co.id. Populasi penelitian adalah seluruh perusahaan property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia untuk periode 2013-2017. Sampel dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Jumlah unit analisis pada penelitian ini adalah 128 unit analisis. Teknik analisis data yang digunakan adalah Eviews versi 10. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial dan ukuran dewan tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba. Leverage berpengaruh negatif dan signifikan terhadap manajemen laba. Kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, dan ukuran dewan tidak berpengaruh signifikan terhadap kualitas laba. Leverage berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kualitas laba. Manajemen laba tidak berpengaruh signifikan terhadap kualitas laba. Manajemen laba belum dapat memediasi dengan baik pengaruh kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, dan ukuran dewan terhadap kualitas laba. Sedangkan pengaruh leverage terhadap kualitas laba, dapat dimediasi dengan baik oleh manajemen laba. Kata Kunci: Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial, Ukuran Dewan, Leverage, Manajemen Laba, Kualitas Laba.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 15 Jun 2022 07:16
Last Modified: 10 Apr 2023 04:38
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/36157

Actions (login required)

View Item View Item