ANALISIS KOMPARASI METODE ALTMAN Z SCORE – FINANCIAL RATIO DAN METODE BENEISH M-SCORE MODEL - DATA MINING DALAM MENDETEKSI FRAUDULENT FINANCIAL REPORTING (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Go Public sektor Industri Barang Konsumsi tahun 2012-2016)

Magdalena, Fanny (2018) ANALISIS KOMPARASI METODE ALTMAN Z SCORE – FINANCIAL RATIO DAN METODE BENEISH M-SCORE MODEL - DATA MINING DALAM MENDETEKSI FRAUDULENT FINANCIAL REPORTING (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Go Public sektor Industri Barang Konsumsi tahun 2012-2016). Masters thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

[img] Text
Fanny Magdalena 127161018 JA.pdf

Download (545kB)

Abstract

Riset ini mencoba untuk menginvestigasi metode manakah diantara, Altman Z Score – Financial Ratio dan metode Beneish M-Score Model – Data Mining, yang mendeteksi secara signifikan terhadap Fraudulent Financial Reporting dengan menggunakan analisis komparasi diantara metodologi yang diatas. Kami berargumentasi bahwa kedua metode tersebut dapat digunakan untuk mendekteksi Fraudulent Financial Reporting pada perusahan terbuka. Hal tersebut diasumsikan bahwa laporan keuangan dibuat sedemikian rupa sebelum dipublikasikan kepada pihak luar dalam rangka penggunaan untuk tujuan tertentu. Oleh karena itu, riset ini memformulasikan sebuah analisis komparasi metode untuk mendeteksi fraudulent financial reporting. Secara logika, penelitian ini menunjukkan suatu hipotesis dimana semakin tinggi hubungan antara metode dengan indikator rasio, maka metode tersebut semakin signifikan dalam mendektesi secara positif terhadap fraudulent financial reporting. Oleh karena itu, kami melakukan uji hipotesis ini pada industri sektor barang konsumsi dengan menggunakan data dari IDX dan dijalankan dengan PLS – SEM. Hasil uji telah membuktikan bahwa hipotesis di atas dapat mendeteksi fraudulent financial reporting, akan tetapi metode 12 Altman Z Score – Financial Ratio lebih berpengaruh dalam mendeteksi fraudulent financial reporting daripada metode Beneish M-Score Model. Kata kunci: kecurangan, keuangan, Altman Z Score, rasio keuangan, Beneish M-Score, data mining

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 16 Jun 2022 04:09
Last Modified: 12 Apr 2023 03:26
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/36181

Actions (login required)

View Item View Item