PENGARUH TRUST, SECURITY, DAN EASE OF USE TERHADAP REPURCHASE INTENTION KONSUMEN TOKOPEDIA

MARCELLUS, STEPHEN (2021) PENGARUH TRUST, SECURITY, DAN EASE OF USE TERHADAP REPURCHASE INTENTION KONSUMEN TOKOPEDIA. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Stephen Marcellus 115170034 JA.pdf

Download (1MB)

Abstract

The e-commerce industry is an activity of buying and selling products/services that is carried out online. One of them is Tokopedia e-commerce, Tokopedia experienced data leakage problems for its users in 2020, so the purpose of this study was to examine the effect of trust, security, and ease of use on the repurchase intention of Tokopedia consumers. The sample of this research is 300 respondents who have shopped at Tokopedia more than twice and domiciled in Jakarta. The purposive sampling method was used by distributing online questionnaires after which the data was processed using the smartPLS-SEM application. The results obtained from this study are that trust has a positive and significant effect on repurchase intention of Tokopedia consumers in Jakarta, security has a positive and significant effect on repurchase intention of Tokopedia consumers in Jakarta, and ease of use has a positive and significant effect on repurchase intention of Tokopedia consumers in Jakarta. Industri e-commerce adalah kegiatan jual-beli produk/jasa yang dilakukan secara online. Salah satunya ada e-commerce Tokopedia, Tokopedia mengalami masalah kebocoran data para penggunanya pada tahun 2020, sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kepercayaan, keamanan, dan kemudahan penggunaan terhadap niat membeli kembali konsumen Tokopedia. Sampel dari penelitian ini adalah 300 responden yang telah berbelanja di Tokopedia lebih dari dua kali dan berdomisili di Jakarta. Metode purposive sampling digunakan dengan menyebarkan kuesioner secara online setelah itu data diolah menggunakan aplikasi smartPLS-SEM. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah kepercayaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat membeli kembali konsumen Tokopedia di Jakarta, keamanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat membeli kembali konsumen Tokopedia di Jakarta, dan kemudahan penggunaan memiliki pengaruh positf dan signifikan terhadap niat membeli kembali konsumen Tokopedia di Jakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 17 Jun 2022 02:33
Last Modified: 27 Jul 2023 04:09
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/36195

Actions (login required)

View Item View Item