Studi Korelasional antara Sense of Humor dan Peer Acceptance pada remaja.

Winarto, Paramitha (2022) Studi Korelasional antara Sense of Humor dan Peer Acceptance pada remaja. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Text (1).pdf

Download (233kB)

Abstract

Berdasarkan penelitian sebelumnya, remaja cenderung menghabiskan lebih banyak waktu bersama teman sebaya dibandingkan waktu bersama keluarga. Steinberg (2011) menyebutkan salah satu faktor penerimaan teman sebaya adalah memiliki rasa humor. Studi ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara sense of humor dengan peer acceptance pada remaja. Studi korelasional dilakukan pada SMP Swasta X di Medan, dengan menggunakan 146 sampel siswa kelas VII dan kelas VIII (12-17 tahun), ditemukan bahwa sense of humor yang terdiri dari humor adaptif (affiliative humor dan self-enhancing humor) dan humor maladaptive (aggressive humor dan self-defeating humor) berkorelasi signifikan dengan peer acceptance. Pengumpulan data variabel peer acceptance dilakukan dengan metode sociometric dan variabel sense of humor menggunakan alat ukur Humor Style Questionnaire (HSQ) dari Martin et al. (2003) yang diadaptasikan oleh Hutapea (2011). Metode Sociometric yang digunakan adalah dengan meminta partisipan mengurutkan nama-nama teman sebaya di kelas berdasarkan derajat keinginan untuk berteman. Alat ukur HSQ terdiri dari 32 butir dengan nilai Cronbach’s Alpha 0.877. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa siswa dengan affiliative humor dan self-enhancing humor lebih diterima dibandingkan siswa dengan aggressive humor dan self-defeating humor.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Bonar Hutapea, M.Si
Uncontrolled Keywords: sense of humor, peer acceptance, remaja
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 17 Jun 2022 03:11
Last Modified: 17 Jun 2022 03:11
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/36206

Actions (login required)

View Item View Item