Hubungan antara General Self-efficacy dengan Daily Hassles Stress pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas X

Maulana, Akira (2022) Hubungan antara General Self-efficacy dengan Daily Hassles Stress pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas X. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Text (1).pdf

Download (263kB)

Abstract

General self-efficacy adalah keyakinan akan kemampuan menangani tugas-tugas baru dan mengatasi kesulitan dalam berbagai situasi yang menantang dan penuh tekanan. Sementara daily hassles stress adalah pengalaman-pengalaman dan kondisi-kondisi di kehidupan sehari-hari yang dinilai sebagai sesuatu yang dapat membahayakan dan mengancam kesejahteraan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara general self-efficacy dengan daily hassles stress pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas X. Penelitian melibatkan mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas X angkatan 2010 sampai 2013 (n = 264). Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik stratified random sampling dengan mengambil jumlah proporsi tiap angkatan. Penelitian ini mengadaptasi skala General Self-Efficacy Scale (GSE-S) dan Inventory of College Students Recent Live Experience (ICSRLE). Hasil analisis korelasi menunjukan bahwa general self-efficacy berkorelasi negatif dengan daily hassles stress (r = -0,184 dengan p = 0,00). Jadi, semakin tinggi general self-efficacy yang dimiliki oleh seseorang maka semakin rendah daily hassles stres yang dialami, dan sebaliknya, semakin rendah general self-efficacy maka semakin tinggi daily hassles stress yang dialami.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sri Tiatri, M.Si., Ph.D., Psi. dan Niken Widiastuti, M.Si.
Uncontrolled Keywords: general self-efficacy, daily hassles stress, mahasiswa
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 17 Jun 2022 03:36
Last Modified: 17 Jun 2022 03:36
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/36220

Actions (login required)

View Item View Item