PENGARUH PERCEIVED USEFULNESS DAN VALUE FAIRNESS TERHADAP CUSTOMER EXPERIENCE PADA PENGGUNA SHOPEEFOOD DI JAKARTA

GOZALI, YOHANES KURNIAWAN (2021) PENGARUH PERCEIVED USEFULNESS DAN VALUE FAIRNESS TERHADAP CUSTOMER EXPERIENCE PADA PENGGUNA SHOPEEFOOD DI JAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Yohanes Kurniawan Gozali 115160267 JA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pengalaman yang dirasakan oleh konsumen pada produk atau jasa yang ditawarkan merupakan salah satu indikator keberhasilan dari suatu perusahaan. Pengalaman yang baik (Customer Experience) terbentuk melalui sebuah proses dimana konsumen menggunakan jasa layanan tertentu dan menilai melalui manfaat penggunaan (Perceived Usefulness) serta keadilan (Value Fairness) yang diberikan oleh jasa terhadap konsumen. Penelitian ini menggunakan layanan berbasis jasa pengantaran makanan daring atau Online Food Delivery Services (OFDS) Shopeefood. OFDS Shopeefood berdiri sejak tahun 2020 sebagai bagian dari ekosistem pada Shopee. Studi ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari Perceived Usefulness dan Value Fairness terhadap Customer Experience pengguna jasa Shopeefood. Sebanyak 214 responden yang memenuhi kriteria terpilih dalam penelitian ini dengan sampling menggunakan metode teknik convenience. Melalui berbagai uji statistik, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Perceived Usefulness dan Value Fairness berpengaruh signifikan terhadap Customer Experience pada pengguna jasa Shopeefood. Kata Kunci: Persepsi Kegunaan, Keadilan Nilai, Pengalaman Pengguna. Experiences felt by customers regarding a product or services offered is one of the successful indicators of certain companies. A great customer experience derived from a process where consumers use services and rate it based on perceived usefulness and value fairness given by it. This study uses Online Food Delivery Services (OFDS) of Shopeefood. It was established in 2020 as an integrated platform inside the ecosystem of Shopee. The main objective of this study is to gain meaningful insight on how does the effect of perceived usefulness and value fairness towards customer experience in between Shopeefood users. 214 respondents met criteria were included in the study with the convenience sampling method used. Statistical measurements resulting in perceived usefulness and value fairness poses a significant effect towards customer experiences in Shopeefood users. Keywords: Perceived Usefulness, Value Fairness, Customer Experiences.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 17 Jun 2022 03:44
Last Modified: 27 Jul 2023 08:38
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/36224

Actions (login required)

View Item View Item