Gambaran Resiliensi yang Tinggi Mahasiswa Tingkat Akhir yang Mengikuti Kegiatan Marching Band Madah Bahana Universitas Indonesia (MBUI)

Yuliansyah, Laras (2022) Gambaran Resiliensi yang Tinggi Mahasiswa Tingkat Akhir yang Mengikuti Kegiatan Marching Band Madah Bahana Universitas Indonesia (MBUI). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Text (1).pdf

Download (250kB)

Abstract

Kegiatan marching band Madah Bahana Universitas Indonesia (MBUI) memiliki jadwal latihan yang padat dan menjadi tantangan besar bagi mahasiswa tingkat akhir terutama dalam menyelesaikan skripsinya agar dapat lulus tepat waktu. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai resiliensi mahasiswa tingkat akhir yang mengikuti kegiatan marching band MBUI. Resiliensi merupakan kapasitas individu untuk menghadapi, mengatasi, diperkuat, dan bahkan dibentuk oleh pengalaman-pengalaman kesulitan (Grotberg, 1999). Resiliensi perlu dimiliki oleh mahasiswa tingkat akhir yang mengikuti kegiatan marching band untuk dapat mengatasi situasi sulit dalam marching band dan tetap mampu menyelesaikan skripsinya tepat waktu. Penelitian ini menggunakan metode campuran (mix method) antara kuantitatif dan kualitatif. Metode kuantitatif dilakukan dengan membagikan kuesioner resiliensi kepada tujuh mahasiswa tingkat akhir yang sedang menyusun skripsi dan sebagai pasukan marching band MBUI pada tahun 2013. Metode kualitatif dilakukan dengan wawancara mendalam pada empat subyek yang memiliki resiliensi tertinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh subyek memiliki resiliensi tinggi dengan skor mean empirik 3,57 dan keempat subyek yang diwawancara berhasil membangun resiliensi dalam mengatasi situasi sulit di marching band dan tetap mampu menyelesaikan skripsinya tepat waktu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Erik Wijaya, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Resiliensi, Mahasiswa Tingkat Akhir, Marching Band, Madah Bahana Universitas Indonesia (MBUI), dan Mix Method
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 17 Jun 2022 03:52
Last Modified: 17 Jun 2022 03:52
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/36229

Actions (login required)

View Item View Item