Hubungan Antara Self-Regulated Learning, Manajemen Waktu, dan Prestasi Belajar pada Siswa SMA yang Aktif Berorganisasi

Monica, Monica (2022) Hubungan Antara Self-Regulated Learning, Manajemen Waktu, dan Prestasi Belajar pada Siswa SMA yang Aktif Berorganisasi. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
ilovepdf_merged (6).pdf

Download (185kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara hubungan self-regulated learning, manajemen waktu, dan prestasi belajar pada siswa SMA yang aktif berorganisasi. Self-regulated learning adalah proses perencanaan dan memonitor proses kognitif untuk mencapai suatu keberhasilan dalam bidang akademik. Manajemen waktu adalah proses membuat waktu menjadi lebih produktif dan mampu menetapkan prioritas untuk mencapai tujuan. Penelitian ini menyertakan 108 siswa SMA yang aktif dalam berorganisasi OSIS selama minimal 1 tahun di Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif antara self-regulated learning dan manajemen waktu dengan nilai r = 0,332 dan nilai p = 0, hubungan positif antara self-regulated learning dan prestasi belajar dengan nilai r = 0,392 dan nilai p = 0, dan hubungan positif antara manajemen waktu dan prestasi belajar dengan nilai r = 0,330 dan nilai p = 0. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah semakin tinggi self-regulated learning dan manajemen waktu, maka akan semakin tinggi prestasi belajar, sebaliknya semakin rendah self-regulated learning dan manajemen waktu, maka akan semakin rendah prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Agustina, M. Psi. & Erik Wijaya, M. Si.
Uncontrolled Keywords: Self-Regulated Learning, Manajemen Waktu, dan Prestasi Belajar
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 17 Jun 2022 07:41
Last Modified: 17 Jun 2022 07:41
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/36263

Actions (login required)

View Item View Item