Nicke, Nicke (2022) Hubungan Motivasi Hedonic dan Motivasi Utilitarian dengan Perilaku Konsumtif Terhadap Pembelian Handphone Pada Remaja. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.
Text
DAFTAR ISI (8).pdf Download (0B) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan motivasi hedonic dan motivasi utilitarian dengan perilaku konsumtif terhadap pembelian handphone pada remaja. Pengambilan sampel subyek penelitian berlangsung selama bulan Mei 2013 dengan menggunakan teknik convenience sampling. Penelitian ini menyertakan 313 remaja yang berusia 15 sampai 22 tahun yang belum bekerja dan memiliki handphone lebih dari satu. Pada hasil penelitian pertama didapatkan nilai r (313) = .699 dan p < .01, yang artinya ada hubungan positif yang signifikan antara motivasi hedonic dengan perilaku konsumtif terhadap pembelian handphone pada remaja. Semakin tinggi motivasi hedonic, maka semakin tinggi perilaku konsumtif remaja. Sebaliknya semakin rendah motivasi hedonic, maka semakin rendah pula perilaku konsumtif remaja. Pada hasil penelitian kedua didapatkan nilai r (313) = -.023 dan p > .05, yang artinya tidak ada hubungan antara motivasi utilitarian dengan perilaku konsumtif terhadap pembelian handphone pada remaja. Semakin tinggi motivasi utilitarian, maka belum tentu semakin rendah perilaku konsumtif remaja. Sebaliknya semakin rendah motivasi utilitarian, maka belum tentu semakin tinggi perilaku konsumtif remaja.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Debora Basaria, M.Psi. |
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Hedonic, Motivasi Utilitarian, Perilaku Konsumtif, Handphone, dan Remaja |
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Admin Fakultas Psikologi |
Date Deposited: | 17 Jun 2022 08:31 |
Last Modified: | 17 Jun 2022 08:31 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/36269 |
Actions (login required)
View Item |