PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL UNTUK CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT TERHADAP KINERJA BISNIS DENGAN KOMPETENSI SOSIAL DAN INTENSITAS PENJUALAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA UMKM DI JAKARTA

SATYAGRAHA, BERNARDUS ALDY (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL UNTUK CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT TERHADAP KINERJA BISNIS DENGAN KOMPETENSI SOSIAL DAN INTENSITAS PENJUALAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA UMKM DI JAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Bernardus Aldy Satyagraha 115180105 JA.pdf

Download (694kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan media sosial untuk Customer Relationship Management (CRM) sebagai variabel independent serta kompetensi sosial dan intensitas penjualan sebagai variabel moderasi terhadap kinerja bisnis UMKM di Jakarta. Desain penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif, teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu non-probability sampling. Penelitian ini mengumpulkan data berupa kuesioner berupa google form dengan menyebar kuesioner kepada 97 pelaku UMKM yang ada di Jakarta. Data kemudian dianalisis menggunakan metode structural equation modelling (SEM) dan diolah menggunakan aplikasi SmartPLS versi 3.3.3. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media sosial untuk CRM memiliki pengaruh positif terhadap kinerja bisnis pada UMKM di Jakarta, kompetensi sosial memiliki pengaruh positif terhadap kinerja bisnis pada UMKM di Jakarta, Intensitas Penjualan memiliki pengaruh positif terhadap kinerja bisnis pada UMKM di Jakarta, kompetensi sosial tidak mampu memoderasi pengaruh penggunaan media sosial untuk CRM terhadap kinerja bisnis pada UMKM di Jakarta, dan intensitas penjualan memperlemah pengaruh penggunaan media sosial untuk CRM terhadap kinerja bisnis pada UMKM di Jakarta. Kata kunci : Media sosial, Kompetensi Sosial, Intensitas Penjualan, Kinerja Bisnis. The purpose of this study is to determine whether there is an effect of using social media for Customer Relationship Management (CRM) as an independent variable and social competence and sales intensity as moderating variables on the business performance of MSME’s in Jakarta. The research sample used is descriptive research, the sampling technique used in this study is non-probability sampling. This study collects data form of a questionnaire in the form of a google form by distributing questionnaires to 97 MSME’s actors in Jakarta. The datas then analyzed using the structural equation modeling (SEM) method and processed using the SmartPLS version 3.3.3 application. The results of this study indicate that social media for CRM has a positive effect on business performance of MSME’s in Jakarta, social competence has a positive effect on business performance of MSME’s in Jakarta, Sales Intensity has a positive effect on business performance of MSMEs in Jakarta, social competence does not able to moderate the effect of using social media for CRM on business performance of MSMEs in Jakarta, and the intensity of sales weakening the effect of using social media for CRM on business performance of MSME’s in Jakarta. Keywords : Social Media, Social Competence, Sales Intensity, Business Performance

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 20 Jun 2022 02:57
Last Modified: 24 Jul 2023 07:09
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/36275

Actions (login required)

View Item View Item