PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN, ORIENTASI PASAR, DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA USAHA PADA PEMILIK USAHA DI JAKARTA

MARGARETHA, CLARENCIA (2021) PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN, ORIENTASI PASAR, DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA USAHA PADA PEMILIK USAHA DI JAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Clarencia Margaretha 115170447 JA.pdf

Download (698kB)

Abstract

Organizations are required to always think innovatively and dare to take risks to achieve competitive advantage. The performance of the company is influenced by several factors such as entrepreneurial orientation, market orientation, and organizational culture. This study aims to determine whether there is an influence of entrepreneurial orientation, market orientation, and organizational culture on business performance in Jakarta. This study used a quantitative method with snowball sampling by distributing online questionnaires. The number of respondents obtained is 100 business owners in Jakarta, which is then processed using the PLS-SEM approach. The results of this study prove that entrepreneurial orientation, market orientation, and organizational culture have a positive and significant impact on business performance on business owners in Jakarta. This research is expected to provide benefits for business owners to improve entrepreneurial orientation, establish market orientation and maintain a good organizational culture in order to improve business performance. Keywords: entrepreneurial orientation, market orientation, organizational culture, organizational performance. Saat ini, organisasi dituntut untuk selalu berpikir inovatif serta berani mengambil risiko agar dapat mencapai keunggulan kompetitif. Kinerja dari perusahaan dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti orientasi kewirausahaan, orientasi pasar, dan budaya organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari orientasi kewirausahaan, orientasi pasar, dan budaya organisasi terhadap kinerja usaha di Jakarta. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel dengan metode snowball sampling dengan membagikan kuesioner online. Jumlah responden yang diperoleh adalah 100 pemilik usaha di Jakarta yang selanjutnya data diolah dengan menggunakan pendekatan PLS-SEM. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa orientasi kewirausahaan, orientasi pasar, dan budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja usaha pada pemilik usaha di Jakarta. Penelitian ini diharapkan memberikan manfaat bagi pemilik usaha untuk meningkatkan orientasi kewirausahaan, menetapkan orientasi pasar dan mempertahankan budaya organisasi yang sudah baik guna meningkatkan kinerja usahanya. Kata Kunci: orientasi kewirausahaan, orientasi pasar, budaya organisasi, kinerja usaha

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 20 Jun 2022 03:57
Last Modified: 24 Jul 2023 08:43
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/36306

Actions (login required)

View Item View Item