PENGARUH INOVASI PRODUK, ORIENTASI PASAR DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KINERJA USAHA UMKM FASHION DI JAKARTA BARAT

LORENSA, ELIORA (2022) PENGARUH INOVASI PRODUK, ORIENTASI PASAR DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KINERJA USAHA UMKM FASHION DI JAKARTA BARAT. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Eliora Lorensa 115180146 JA.pdf

Download (435kB)

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of product innovation, market orientation, and social media on the business performance of fashion MSMEs in West Jakarta. The population in this study is fashion MSMEs in West Jakarta. Non-probability sampling was used in this study with the sampling technique purposive sampling. The number of samples used in this study was 80 respondents of fashion MSMEs owners in West Jakarta. The data is processed using SmartPLS software. The results of this study indicate that product innovation has a positive and significant effect on MSME business performance, market orientation has a positive and significant effect on MSME business performance and social media has a positive and significant effect on MSME business performance. Keywords: Product Innovation, Market Orientation, Social Media, Business Performance. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inovasi produk, orientasi pasar dan media sosial terhadap kinerja usaha UMKM fashion di Jakarta Barat. Populasi dalam penelitian ini yaitu UMKM fashion yang berada di Jakarta Barat. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah non-probability sampling dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Jumlah Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 80 responden pemilik usaha UMKM fashion di Jakarta Barat. Data diolah menggunakan software SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja usaha UMKM, orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja usaha UMKM dan media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja usaha UMKM. Kata kunci: Inovasi Produk, Orientasi Pasar, Media Sosial, Kinerja Usaha.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 20 Jun 2022 07:00
Last Modified: 20 Jun 2022 07:00
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/36333

Actions (login required)

View Item View Item