PENGARUH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI, PENGETAHUAN INVESTASI, DAN EFIKASI DIRI TERHADAP MINAT INVESTASI DENGAN USIA SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA MASYARAKAT JAKARTA BARAT DALAM PASAR MODAL

FELICIA, FELICIA (2022) PENGARUH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI, PENGETAHUAN INVESTASI, DAN EFIKASI DIRI TERHADAP MINAT INVESTASI DENGAN USIA SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA MASYARAKAT JAKARTA BARAT DALAM PASAR MODAL. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Felicia 115180373 JA.pdf

Download (755kB)

Abstract

This study was conducted with the aim to determine the effect of technology development, investment knowledge, and self efficacy on investment interest with age as a moderating variable in West of Jakarta society who is interested in investing in capital market. The subjects contained in this study were 100 respondents who domiciled or staying in West of Jakarta and has interest in investing in capital market. This study uses a purposive sampling method. Analysis of the data used in this study is Partial Least Square (PLS) approach by using the SmartPLS application version 3.0. The finding of this study show that technology development and self efficacy have an influence on investment interest, while investment knowledge does not have influence on investment interest. Then, age does not moderated technology development, investment knowledge, and self efficacy on investment interest. Keywords : technology development, investment knowledge, self eficacy, age, investment interest. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh perkembangan teknologi, pengetahuan investasi, dan efikasi diri terhadap minat investasi dengan usia sebagai variabel moderasi pada masyarakat Jakarta Barat dalam Pasar Modal. Subjek yang teradapat dalam penelitian ini adalah 100 responden yaitu individu yang berdomisili atau tinggal atau berada di Jakarta Barat yang memiliki minat investasi dalam pasar modal. Penelitian ini menggunakan metode pengambilan sample dengan metode purposive sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Partial Least Square (PLS) menggunakan aplikasi SmartPLS 3.0. Hasil temuan penelitian ini menunjukan bahwa perkembangan teknologi dan efikasi diri memiliki pengaruh terhadap minat investasi individu dalam pasar modal dan pengetahuan investasi tidak memiliki pengaruh terhadap minat investasi individu dalam pasar modal. Lalu, usia tidak memoderasi variabel perkembangan teknologi, pengetahuan investasi, dan efikasi diri terhadap minat investasi individu dalam pasar modal. Kata Kunci : perkembangan teknologi, pengetahuan investasi, efikasi diri, usia, minat investasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 20 Jun 2022 07:31
Last Modified: 20 Jun 2022 07:31
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/36341

Actions (login required)

View Item View Item