PENGARUH FINANCIAL ATTITUDE, FINANCIAL LITERACY, DAN FINANCIAL KNOWLEDGE TERHADAP FINANCIAL BEHAVIOR PADA PENGGUNA SHOPEE DI JAKARTA BARAT

JEFILYANA, JEFILYANA (2022) PENGARUH FINANCIAL ATTITUDE, FINANCIAL LITERACY, DAN FINANCIAL KNOWLEDGE TERHADAP FINANCIAL BEHAVIOR PADA PENGGUNA SHOPEE DI JAKARTA BARAT. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Jefilyana 115180399 JA.pdf

Download (771kB)

Abstract

This study aims to analyze and find out the influence of attitudes, literacy, and financial knowledge on behavior finance. This research uses primary data through the process of data collection by distributing questionnaires online using google forms. The sample in this study is Shopee application user and domiciled in West Jakarta. Data that successfully collected in this study amounted to 100 respondents. The data analysis technique used is Structural Equation Modeling (SEM) with the Smart-PLS program version 3.3.2. The results of this study shows that there is a positive and significant influence between attitudes, literacy, and financial knowledge toward behavior finance. Keyword: financial attitude, financial literacy, financial knowledge, financial behavior. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh sikap, literasi, dan pengetahuan keuangan terhadap perilaku keuangan. Penelitian ini menggunakan data primer melalui proses pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner secara online menggunakan google form. Sampel dalam penelitian ini adalah pengguna aplikasi Shopee dan berdomisili di Jakarta Barat. Data yang berhasil dikumpulkan dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) dengan program Smart-PLS versi 3.3.2. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara sikap, literasi, dan pengetahuan keuangan terhadap perilaku keuangan. Kata kunci: Sikap keuangan, literasi keuangan, pengetahuan keuangan, perilaku keuangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 21 Jun 2022 02:46
Last Modified: 21 Jun 2022 02:46
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/36382

Actions (login required)

View Item View Item