FAKTOR YANG MEMPENGARUHI AGRESIVITAS PAJAK DENGAN PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL SEBAGAI VARIABEL MODERATING

Sumingtio, Andre (2022) FAKTOR YANG MEMPENGARUHI AGRESIVITAS PAJAK DENGAN PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL SEBAGAI VARIABEL MODERATING. Masters thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

[img] Text
Andre Sumingtio 127201010 JA.pdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

The company's efforts to motivate tax aggressiveness actions by making tax sector expenditure efficiency in order to increase company profits. The political connections owned by the company become the motivation to carry out tax aggressiveness by reducing political costs. The political connections owned by the company appoint parties in the organizational structure, both commissioners and directors of the company who have a direct approach to the government. The managerial parties, both commissioners and directors of the company, have a proportion of the company's shares to oversee the company's activities and make decisions. The company's commissioners and directors are important in implementing corporate governance disclosures that result in effective and efficient decisions for the company's stakeholders. The purpose of this study was to determine the effect of political connections, managerial ownership and disclosure of governance on tax aggressiveness with disclosure of social responsibility as a moderating variable. The object of this research is the nonconsumer goods sector companies listed on the Indonesia Stock Exchange for the 2016-2019 period of 148 companies. Technical analysis of the data used is the measurement model test and structural model using Wrap Partial Least Square (PLS) 7.0 software. Based on the results of the study, it is known that the moderating variable of social responsibility disclosure is able to moderate the influence of political connections, managerial ownership, and disclosure of governance on tax aggressiveness. Key words: Tax aggressiveness; political connections; managerial ownerhsip; good corporate governance; corporate social responsibility Usaha perusahaan memotivasi tindakan agresivitas pajak dengan melakukan efisiensi pengeluaran sektor pajak supaya meningkatkan laba perusahaan. Koneksi politik yang dimiliki perusahaan menjadi motivasi untuk melakukan agresivitas pajak dengan mengurangi biaya politik. Koneksi politik yang dimiliki perusahaan menunjuk pihak dalam struktur organisasi baik itu komisaris maupun direksi perusahaan yang memiliki pendekatan langsung dengan pemerintah. Pihak manajerial baik dari komisaris maupun direksi perusahaan memiliki proporsi saham perusahaan untuk mengawasi aktivitas perusahaan dan pengambilan keputusan. Komisaris maupun direksi perusahaan penting dalam penerapan pengungkapan tata kelola yang menghasilkan keputusan yang efektif dan efisien bagi para pemangku kepentingan perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh koneksi politik, kepemilikan manajerial dan pengungkapan tata kelola terhadap agresivitas pajak dengan pengungkapan tanggung jawab sosial sebagai variabel moderasi. Objek penelitian ini yaitu perusahaan sektor barang non konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2016-2019 sebesar 148 perusahaan. Teknis analisis data yang digunakan adalah uji model pengukuran dan model struktural dengan menggunakan software Wrap Partial Least Square (PLS) 7.0. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa variabel moderasi pengungkapan tanggung jawab sosial mampu memoderasi pengaruh koneksi politik, kepemilikan manajerial, dan pengungkapan tata kelola terhadap agresivitas pajak. Kata kunci: Agresivitas pajak; koneksi politik; kepemilikan manajerial; pengungkapan tata kelola; pengungkapan tanggung jawab sosial

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 21 Jun 2022 02:54
Last Modified: 05 Apr 2023 06:54
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/36387

Actions (login required)

View Item View Item