PENGARUH KREATIVITAS, INOVASI DAN PENGEMBANGAN PRODUK TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PADA PT TOKOPEDIA DENGAN LOYALITAS SEBAGAI VARIABEL MEDIASI ( DILIHAT DARI SUDUT PANDANG PEMAKAI APLIKASI TOKOPEDIA )

HISMAN, KRISTINA (2022) PENGARUH KREATIVITAS, INOVASI DAN PENGEMBANGAN PRODUK TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PADA PT TOKOPEDIA DENGAN LOYALITAS SEBAGAI VARIABEL MEDIASI ( DILIHAT DARI SUDUT PANDANG PEMAKAI APLIKASI TOKOPEDIA ). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Kristina Hisman 115180048 JA.pdf

Download (694kB)

Abstract

The purpose of this research is to see and examine the effect of creativity, innovation, and product development on competitive advantage at PT Tokopedia with loyalty as a mediating variable. The researcher distributed to 200 respondents via google form who had used Tokopedia before with the number of application uses that differed between individuals. The results of the respondents' answers were then processed using SPLS 3.0 software. Creativity, innovation and product development have a positive and significant effect on competitive advantage even though they have a small effect. Loyalty does not directly affect competitive advantage, but provides a medium effect. loyalty can mediate the relationship of creativity, innovation and product development to competitive advantage. The author hopes that in future research there will be additional journals regarding product development on competitive advantage, Tokopedia's progress and competitive advantage factors. The author hopes that Tokopedia can increase its creativity and innovation that leads to competitive advantage to make customers loyal, Tokopedia must also keep up with the times so that it can easily adapt to products that are superior to other E-Commerce. Keywords: Creativity, Innovation, Product Development, Competitive advantage, E-Commerce. Tujuan dari penelitian penulis ini adalah untuk melihat dan menguji pengaruh dari kreativitas, inovasi dan pengembangan produk terhadap keunggulan bersaing pada PT Tokopedia dengan loyalitas sebagai variabel mediasi. Peneliti menyebarkan kuesioner kepada 200 responden melalui google form yang pernah memakai Tokopedia sebelumnya dengan jumlah pemakaian aplikasi yang berbeda-beda diantara individunya. Hasil jawaban responden kemudian diolah dengan memakai software SPLS 3.0. Kreativitas, inovasi dan pengembangan produk berpengaruh positif dan signifikan pada keunggulan bersaing walau memberikan efek kecil. Loyalitas tidak berpengaruh langsung terhadap keunggulan bersaing, namun memberikan efek medium. loyalitas dapat memediasi hubungan kreativitas, inovasi dan pengembangan produk pada keunggulan bersaing. Penulis berharap agar pada penelitian selanjutnya terdapat jurnal tambahan mengenai pengembangan produk pada keunggulan bersaing, kemajuan Tokopedia dan faktor keunggulan bersaing. Penulis berharap agar Tokopedia dapat meningkatkan kreativitas dan inovasinya yang mengarahkan pada keunggulan bersaing untuk membuat para pelanggan bersifat loyal, Tokopedia juga harus mengikuti perkembangan zaman sehingga dapat dengan mudah beradaptasi dengan mengeluarkan produk yang lebih unggul dibandingkan dengan E-Commerce lain. Kata kunci : Kreativitas, Inovasi, Pengembangan Produk, Keunggulan bersaing, E-Commerce

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 21 Jun 2022 06:25
Last Modified: 21 Jun 2022 06:25
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/36419

Actions (login required)

View Item View Item