Hubungan Pola Asuh dan Peran Guru dengan Motivasi Berprestasi Siswa SMA

Rosida, Ida (2022) Hubungan Pola Asuh dan Peran Guru dengan Motivasi Berprestasi Siswa SMA. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Text (1).pdf

Download (186kB)

Abstract

Pendidikan menjadi salah satu indikator penting bagi individu untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik pada era globalisasi seperti sekarang ini. Motivasi yang penting dalam dunia pendidikan adalah motivasi berprestasi. Motivasi berprestasi adalah keinginan dalam diri seseorang untuk mencapai suatu standar keunggulan. Sesuai dengan peraturan yang terdapat pada pasal 15 bahwa terdapat kerja sama antara keluarga yakni salah satunya orangtua dengan pola asuh dan lingkungan perguruan atau sekolah yakni salah satunya adalah peran guru. Pola asuh orangtua merupakan cara orangtua memperlakukan anak, membimbing, dan melindungi anak higga dapat mencapai norma yang berlaku dimasyarakat. Guru adalah salah satu pendukung berjalannya proses pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat hubungan signifikan antara pola asuh dan peran guru dengan motivasi berprestasi. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA kelas 2 baik IPA atau IPS. Hasil penelitian antara motivasi berprestasi dan peran guru memiliki hubungan positif dan signifikan dengan nilai r = 0,409 dan p = 0,000 < 0,05. Hubungan positif yang signifikan antara pola asuh dengan motivasi bereprestasi dengan nilai Chi Square = 250,594 dan p = 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Niken Widiastuti, M.Si.,Psi.
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh, Peran Guru, Motivasi Berprestasi, Remaja
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 23 Jun 2022 04:03
Last Modified: 23 Jun 2022 04:03
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/36461

Actions (login required)

View Item View Item