Gambaran Kecemasan dan Strategi Coping terhadap Penyakit Menular Seksual (PMS) pada Wanita Dewasa Awal Pekerja Seks Komersial (PSK) di Jakarta

Oktaviani, Princelia (2022) Gambaran Kecemasan dan Strategi Coping terhadap Penyakit Menular Seksual (PMS) pada Wanita Dewasa Awal Pekerja Seks Komersial (PSK) di Jakarta. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Text (1).pdf

Download (274kB)

Abstract

Pekerja Seks Komersial (PSK) sering kali menjadi fenomena umum di masyarakat saat ini. Dalam melakukan aktivitas seksual komersial, PSK mengalami kecemasan realita/ sosial, moral, dan neurotik/ medis. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran kecemasan dan strategi coping pada wanita dewasa awal pekerja seksual komersial di Jakarta. Penelitian menggunakan teknik in-depth interview. Penelitian ini berlangsung dalam rentang waktu 11 bulan, yaitu pada Agustus 2013 sampai Juni 2014. Hasil analisis wawancara menyimpulkan bahwa adanya kecemasan diketahuinya aktivitas seksual komersial oleh orangtua, teman, atau pasangan. Adanya perasaan bersalah secara moral, serta kecemasan terhadap penyakit menular seksual (PMS). Untuk mengatasi kecemasan-kecemasan tersebut, mereka melakukan Problem Focused Coping (PFC) berupa direct action, assistance seeking, information seeking dan Emotional Focused Coping (EFC) berupa avoidance, denial, positive reappraisal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Denrich Suryadi, M.Psi.
Uncontrolled Keywords: Kecemasan, Strategi Coping, Wanita Dewasa Awal, Pekerja Seks Komersial
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 23 Jun 2022 04:50
Last Modified: 23 Jun 2022 04:50
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/36468

Actions (login required)

View Item View Item