Materialistic Value dan Penggunaan Kartu Kredit sebagai Prediktor Compulsive Buying terhadap Pakaian pada Wanita Dewasa Awal

Sari, Meylisa Permata (2022) Materialistic Value dan Penggunaan Kartu Kredit sebagai Prediktor Compulsive Buying terhadap Pakaian pada Wanita Dewasa Awal. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
text (1).pdf

Download (213kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan compulsive buying terhadap pakaian, materialistic value dan penggunaan kartu kredit pada wanita dewasa awal, dan menemukan variabel mana yang lebih mampu untuk memprediksi perilaku compulsive buying terhadap pakaian pada wanita dewasa awal. Jumlah partisipan yang mengikuti penelitian ini adalah 154 wanita dewasa awal, yang berusia antara 20 dan 40 tahun. Istilah compulsive buying dalam penelitian ini berdasarkan definisi Edwards. Alat ukur yang digunakan adalah Compulsive Clothing Buying Scale yang dikembangkan oleh Johnson dan Attman (2009), Materialistic Value Scale oleh Richins (2004), dan Pengguna Aktif Kartu Kredit yang dikembangkan oleh Fransisca dan Suyasa (2005). Hasil penelitian mengindikasikan bahwa partisipan dalam penelitian ini memiliki compulsive buying terhadap pakaian dan materialistic value yang tergolong sedang, namun tergolong rendah pada penggunaan kartu kredit. Penelitian ini juga menemukan bahwa materialistic value lebih mampu memprediksi compulsive buying terhadap pakaian dibandingkan dengan penggunaan kartu kredit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: P. Tommy Y.S. Suyasa, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Compulsive buying, pakaian, materialistic value, penggunaan kartu kredit, wanita dewasa awal.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 23 Jun 2022 05:12
Last Modified: 23 Jun 2022 05:12
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/36469

Actions (login required)

View Item View Item