Peran Hardiness dan Optimisme terhadap Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa (Studi Kasus di Universitas X)

Widjaja, Priska Aprilla (2022) Peran Hardiness dan Optimisme terhadap Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa (Studi Kasus di Universitas X). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Text (1).pdf

Download (268kB)

Abstract

Mahasiswa seringkali menghadapi tekanan ketika mengerjakan tugas sehingga melakukan penundaan yang disebut sebagai prokrastinasi akademik. Dua faktor yang dapat memengaruhi kemampuan mahasiswa untuk dapat menghadapi tekanan ketika mengerjakan tugas yaitu hardiness dan optimisme. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran hardiness dan optimisme terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa. Responden merupakan 286 mahasiswa di Universitas X dengan karakteristik sampel berasal dari beberapa fakultas/program studi khususnya angkatan 2012 dan memiliki status sebagai mahasiswa aktif. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif non eksperimental dengan rancangan regresi. Hasil analisis data menggunakan uji regresi linear menunjukkan bahwa hardiness berperan negatif terhadap prokrastinasi akademik (t = -9.303, p < .01), optimisme berperan negatif terhadap prokrastinasi akademik (t = -4.962, p < .01), serta hardiness memiliki peran negatif yang lebih besar terhadap prokrastinasi akademik daripada peran negatif optimisme terhadap prokrastinasi akademik (Beta -.483 dibandingkan dengan -.282). Berdasarkan penelitian ini disimpulkan bahwa hardiness dan optimisme dapat mengurangi tingkat prokrastinasi akademik pada mahasiswa. Hasil penelitian ini mendukung teori dan beberapa penelitian terdahulu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sri Tiatri, Ph.D., Psi. & Yeni Anna Apulembang, M.A., Psi.
Uncontrolled Keywords: hardiness, optimisme, prokrastinasi akademik, dan mahasiswa
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 23 Jun 2022 05:48
Last Modified: 23 Jun 2022 05:48
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/36474

Actions (login required)

View Item View Item