Peranan Dukungan Sosial Terhadap Proses Penyesuaian Sosial Remaja Gifted di Sekolah Reguler

Lie, Melisa (2022) Peranan Dukungan Sosial Terhadap Proses Penyesuaian Sosial Remaja Gifted di Sekolah Reguler. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
ilovepdf_merged (13).pdf

Download (291kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan dukungan sosial terhadap proses penyesuaian sosial remaja gifted yang berada di sekolah reguler. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui wawancara mendalam dengan 3 subyek remaja laki-laki yang memiliki tingkat intelegensi (IQ) di atas 130 dan berusia 13-18 tahun kemudian bersekolah di sekolah reguler. Penelitian ini dilakukan selama empat bulan (Maret 2014-Juni 2014). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dukungan orangtua memiliki peran yang penting terhadap proses penyesuaian sosial remaja gifted. Peranan orangtua yang terbesar adalah sebagai motivator dan suporter. Peranan sebagai motivator mengambil bentuk dukungan berupa pemberian penghargaan (esteem support) dan informasi (informational support) kepada remaja gifted. Peranan orangtua sebagai suporter mengambil bentuk dukungan instrumental (instrumental support) seperti penyediaan materi dan fasilitas tertentu. Melalui bentuk-bentuk dukungan tersebut, diharapkan orangtua dapat berperan aktif untuk mengembangkan sisi psikososial remaja gifted kemudian diharapkan juga remaja gifted dapat memahami diri mereka sendiri dan memiliki penerimaan diri (self-acceptance) yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Debora Basaria, M. Psi
Uncontrolled Keywords: dukungan sosial, penyesuaian sosial, remaja gifted
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 23 Jun 2022 06:06
Last Modified: 23 Jun 2022 06:06
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/36475

Actions (login required)

View Item View Item