Hubungan Dukungan keluarga dengan depresi pada lansia di Panti Sosial Tresna Werda Budi Peritiwi Bandung

Firmansyah, Sidik and Tadjudin, Noer Saelan (2020) Hubungan Dukungan keluarga dengan depresi pada lansia di Panti Sosial Tresna Werda Budi Peritiwi Bandung. Tarumanagara Medical Journal, 3 (1). pp. 203-207.

[img] Text
Jurnal lengkap Hubungan Dukungan keluarga dengan depresi pada lansia di Panti Sosial Tresna Werda Budi Peritiwi Bandung.pdf

Download (375kB)

Abstract

Dukungan keluarga sangat penting bagi lansia karena lansia akan merasa tenang, bahagia, merasa berguna merasa dihargai. Beberapa kendala yang dialami oleh lansia sering kali disebabkan karena kurangnya perhatian dari pihak keluarga. Studi ini dilakukan untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan depresi pada lansia di Panti Sosial Trena Wreda Budi Pertiwi Bandung. Desain studi yang digunakan adalah cross-sectional dengan jumlah responden sebanyak 43 orang dengan rentang usia 60-74 tahun. Cara pengumpulan data adalah dengan wawancara menggunakan kuesioner geriatric depression scale (GDS). Hasil data diolah dengan menggunakan program statistik. Jumlah subjek yang mendapatkan dukungan keluarga yang baik adalah 23 (53,5%) subyek. Gambaran tingkat depresi lansia adalah normal sebanyak 25 (58,1%) subyek, depresi ringan sampai sedang 18 (41,9%) subyek. Tidak ditemukan subjek dengan depresi berat pada studi ini. Dengan uji statistik pearson chi-square didapat p = 0,001 yang berarti terdapat hubungan bermakna antara dukungan keluarga dengan depresi pada lansia. Dari penelitian ini diharapkan agar keluarga meningkatkan dukungan keluarga sehingga masalah depresi pada lansia dapat ditangani.

Item Type: Article
Subjects: Artikel
Penelitian > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: Erik Wijaya
Date Deposited: 24 Jun 2022 03:19
Last Modified: 24 Jun 2022 03:19
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/36499

Actions (login required)

View Item View Item