Hubungan Frekuensi Kunjungan Keluarga Terhadap Status Depresi Pada Lansia di Panti Werdha Kristen Hana

Darmada, Putu Dewinta and Tadjudin, Noer Saelan (2019) Hubungan Frekuensi Kunjungan Keluarga Terhadap Status Depresi Pada Lansia di Panti Werdha Kristen Hana. Jurnal Penyakit Dalam Udayana, 3 (2). pp. 26-30.

[img] Text
Jurnal lengkap Hubungan Frekuensi Kunjungan Keluarga Terhadap Status Depresi Pada Lansia di Panti Werdha Kristen Hana.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Depresi pada lansia yang tinggal di panti werdha merupakan akibat dari rasa kesepian dan kurangnya kunjungan keluarga, disamping penurunan kondisi fisik yang dialami. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan frekuensi kunjungan keluarga dengan status depresi lansia di Panti Werdha Kristen Hana. Metode: Studi analitik cross sectional dengan consecutive sampling, responden sebanyak 55 orang lansia. Pengumpulan data dengan wawancara menggunakan Geriatric Depression Scale 15 question (GDS-15 - Short form). Hasil: Proporsi lansia jarang dikunjungi dan mengalami depresi 40%, sedangkan pada lansia sering dikunjungi dan mengalami depresi 25%. Hasil uji chi-square didapatkan p-value = 0,260 dan hasil uji epidemiologi didapatkan PRR (Prevalence Risk Ratio) = 1,6 dengan Confidence Interval 95%. Simpulan: Tidak didapatkan hubungan antara frekuensi kunjungan keluarga terhadap status depresi pada lansia di Panti Werdha Kristen Hana.

Item Type: Article
Subjects: Artikel
Penelitian > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: Erik Wijaya
Date Deposited: 24 Jun 2022 03:24
Last Modified: 24 Jun 2022 08:51
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/36500

Actions (login required)

View Item View Item