Hubungan antara Trait Kepribadian Big Five dan Perilaku Konsumtif (Studi pada Wanita Dewasa Muda)

Merlin, Nadia (2022) Hubungan antara Trait Kepribadian Big Five dan Perilaku Konsumtif (Studi pada Wanita Dewasa Muda). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Text (1).pdf

Download (353kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara trait kepribadian big five dengan perilaku konsumtif pada wanita dewasa muda. Perilaku konsumtif adalah tindakan membeli barang atau jasa secara berlebihan untuk memenuhi keinginannya. Kepribadian adalah trait psikologis yang bersifat konsisten dalam berbagai situasi, dan dapat dilihat saat individu beradaptasi dan berinteraksi dengan dengan lingkungannya. Sampel pada penelitian ini berjumlah 188 orang. Penyebaran data dilakukan di enam perusahaan yang berkantor di daerah DKI Jakarta. Hasil dari penelitian ini adalah adanya hubungan positif yang signifikan antara extraversion dan perilaku konsumtif dengan pearson correlation = 0.231 dan Sig (p) = 0.001, dimana p< 0.05. Selain itu, terdapat hubungan negatif yang signifikan antara conscientiousness dan perilaku konsumtif dengan pearson correlation = -0.165 dan Sig (p) = 0.023, dimana p < 0.05. Dalam penelitian ini, juga ditemukan tidak ada hubungan antara openness to experience, agreeableness, dan neuroticism dengan perilaku konsumtif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Zamralita, MM, Psi.
Uncontrolled Keywords: trait kepribadian big five, perilaku konsumtif, dan wanita dewasa muda.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 28 Jun 2022 03:11
Last Modified: 28 Jun 2022 03:11
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/36513

Actions (login required)

View Item View Item