Iko, Fernica (2022) Efektivitas Kegiatan Pengenalan Kampus dalam Mengembangkan Intimacy persahabatan pada Mahasiswa Baru Fakultas Psikologi. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.
Text
Text.pdf Download (105kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas kegiatan pengenalan kampus dalam mengembangkan intimacy persahatabatan pada mahasiswa baru. Kegiatan pengenalan kampus pada hakekatnya bertujuan untuk mewujudkan kekompakan di antara mahasiswa baru, membangun interaksi dengan orang-orang di lingkungan kampus, serta membina rasa kebersamaan sehingga dapat terjalin persahabatan antarmahasiswa baru (Jawad, 2008). Roscoe, Kennedy, dan Pope (dalam Rice, 2008) mendefinisikan intimacy sebagai perkembangan dari sikap keterbukaan, saling berbagi, kepercayaan, menghargai satu sama lain, afeksi, dan kesetiaan, sehingga hubungan dapat dicirikan sebagai sebuah hubungan yang dekat dan berlangsung lama, serta melibatkan cinta dan komitmen. Hipotesis dalam penelitian ini adalah kegiatan pengenalan kampus berpengaruh terhadap pengembangan intimacy persahabatan pada mahasiswa baru. Penelitian ini menggunakan 85 orang mahasiswa baru dari Fakultas Psikologi Universitas Tarumanagara yang mengikuti kegiatan pengenalan kampus selama tiga hari berturut-turut. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling karena adanya kriteria tertentu. Pengolahan data dengan paired sample t-test dan independent sample t-test menghasilkan tidak ada perbedaan intimacy persahabatan pada mahasiswa baru sebelum dan sesudah mengikuti kegiatan pengenalan kampus.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | (Widya Risnawaty, M.Psi. & Dra. Ninawati, M.M. |
Uncontrolled Keywords: | Intimacy, campus, dan persahabatan |
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Admin Fakultas Psikologi |
Date Deposited: | 28 Jun 2022 04:17 |
Last Modified: | 28 Jun 2022 04:17 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/36518 |
Actions (login required)
View Item |