Gambaran Resiliensi Yang Tinggi Pada Pedagang Kaki Lima

Oktaviany, Ariny (2022) Gambaran Resiliensi Yang Tinggi Pada Pedagang Kaki Lima. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Text.pdf

Download (237kB)

Abstract

Resiliensi adalah kapasitas universal yang dimiliki seseorang, kelompok atau komunitas untuk mengatasi tekanan dalam kesulitan. Menurut Grotberg, (1995) resiliensi berasal dari sumber I have, I am, dan I can. Resiliensi penting dimiliki oleh individu yang berkerja di sektor informal contohnya pedagang kaki lima (PKL). Mixed method dan sequential explanatory strategy digunakan sebagai metode penelitian. Pengumpulan data kuantitatif digunakan sebagai persiapan penelitian, kuesioner dibagikan kepada 98 PKL, dan menghasilkan empat PKL memiliki skor resiliensi tinggi. Selanjutnya penelitian kualitatif digunakan untuk mendapatkan gambaran resiliensi dengan teknik wawancara terhadap keempat PKL. Berdasarkan analisis kualitatif, PKL yang memiliki dukungan dari teman, keluarga dan pembeli, mampu mencapai resiliensi tinggi (I have). Demikian pula PKL memiliki kepedulian terhadap orang lain, pemahaman terhadap diri sendiri dan konsekuensi yang didapat sebagai pedagang kaki lima, harapan atau cita-cita terhadap kehidupan keluarga (dimensi I am). Kemampuan berkomunikasi dan bersosialisasi dengan pedagang dan pembeli, mencari solusi, beradaptasi, memahami pedagang yang lain dan pembeli, mengendalikan emosi, dan mengikuti aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah, menyebabkan resiliensi PKL tinggi (dimensi I can).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Fransisca Iriani, M.Si. & Riana Sahrani, M.Si., Psi.
Uncontrolled Keywords: Resiliensi, Pedagang kaki lima, Mixed method, Sequential explanatory strategy
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 28 Jun 2022 05:17
Last Modified: 28 Jun 2022 05:17
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/36533

Actions (login required)

View Item View Item