Hubungan antara kecerdasan emosional dengan performance anxiety pada siswa Sekolah Menengah Kejuruan Musik (SMKM).

Sunaryo, Sandra Agustina (2022) Hubungan antara kecerdasan emosional dengan performance anxiety pada siswa Sekolah Menengah Kejuruan Musik (SMKM). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Text.pdf

Download (157kB)

Abstract

Kecerdasan emosional dapat memengaruhi performance anxiety yang dimiliki seseorang ketika harus tampil di hadapan publik. Kecerdasan emosional merupakan kemampuan individu dalam memahami emosi yang dirasakan oleh dirinya maupun yang dirasakan orang lain sehingga individu tersebut dapat bersikap atau memecahkan permasalahan yang sedang dihadapinya. Performance anxiety adalah ketakutan atau perasan cemas terhadap penilaian atau evaluasi dari orang lain ketika harus tampil di hadapan publik. Penelitian ini melibatkan 66 siswa SMK Musik X dengan karakteristik subyek berusia 15-18 tahun dengan jenis kelamin, agama, dan suku yang tidak dibatasi. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan menggunakan metode kuantitatif non eksperimental. Hasil analisis data menggunakan uji korelasional Pearson menunjukkan bahwa r = -0.298 dan p = 0.015. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang negatif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan performance anxiety.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Miniwaty Halim, M.Psi. & Dra. Ninawati, M.M.
Uncontrolled Keywords: kecerdasan emosional, performance anxiety, musisi
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 28 Jun 2022 05:51
Last Modified: 28 Jun 2022 05:51
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/36538

Actions (login required)

View Item View Item