Gambaran Perilaku Bullying yang Dialami Siswa Sekolah Dasar

Adinata, Adinata (2022) Gambaran Perilaku Bullying yang Dialami Siswa Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
ilovepdf_merged (24).pdf

Download (175kB)

Abstract

Bullying adalah tindakan negatif yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang yang mempunyai kuasa dan kekuatan yang lebih besar terhadap seseorang atau sekelompok orang yang lemah, tindakan ini biasanya dilakukan berulang-ulang dan dalam jangka waktu yang lama terhadap korbannya. Bullying yang terjadi di sekolah dasar dapat terjadi antara murid terhadap murid lainnya ataupun antara guru terhadap murid. Tindakan bullying yang terjadi di sekolah dasar mempunyai dampak yang negatif bagi korban yang mengalaminya baik secara fisik maupun psikologis. Penelitian ini dilakukan terhadap lima siswa-siswi sekolah dasar yang berjenis kelamin laki-laki dan perempuan berusia 9-12 tahun. Penelitian dilakukan dengan metode wawancara yang berlangsung selama dua bulan lebih, yaitu dari tanggal 3 September 2008 sampai dengan 11 November 2008. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tindakan bullying yang terjadi di sekolah dasar mempunyai dampak yang negatif bagi korbannya baik secara fisik maupun psikologis. Dari lima subyek yang diteliti empat orang mampu melakukan intervensi dan satu orang tidak mampu melakukan intervensi terhadap tindakan bullying yang terjadi padanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Henny E. Wirawan, M. Hum, Psi., QIA
Uncontrolled Keywords: Bullying, Sekolah, Anak Sekolah Dasar
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 28 Jun 2022 07:11
Last Modified: 28 Jun 2022 07:11
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/36545

Actions (login required)

View Item View Item