Analisis Perlindungan Konsumen Terhadap Pelaku Usaha yang Memberikan Informasi yang Tidak Benar dalam PromosiPenjualan Apartemen Belleza (StudiKasus: Putusan Pengadilan Negeri No: 454/PDT/2013/PT.DKI)/ oleh Wilson

WILSON, WILSON (2014) Analisis Perlindungan Konsumen Terhadap Pelaku Usaha yang Memberikan Informasi yang Tidak Benar dalam PromosiPenjualan Apartemen Belleza (StudiKasus: Putusan Pengadilan Negeri No: 454/PDT/2013/PT.DKI)/ oleh Wilson. Skripsi thesis, Universitas Tarumanegara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Setiap orang adalahkonsumen yang hak-haknya harus dilindungi oleh Undang-Undang. Perlindungan terhadap hak-hak konsumen untuk memperoleh informasi terhadap barang atau jasa diatur dalam Pasal 4 Huruf c UUPK. Kebutuhan konsumen akan produk barang dan atau jasa semakin meningkat, seiring dengan perkembangan teknologi dan informatika. Promosi sebagai salah satu bentuk komunikasi tentang penyampaian baranga tau jasa, kiranya penting dilaksanakan guna menunjang usaha dalam menarik konsumen untuk produk baru yang belum dikenal. Promosiitusendiritidaklagisekedarmempromosikannilaiproduk, tapilebihjauhiklantersebutdirancanguntukmempengaruhipenerimanya, baiksisipsikologismaupunrasiokonsumen. Hal inidibutuhkanpembinaan yang tepatdengandilakukanpengendaliandanpengawasanterhadappromositidakhanyamelaluiEtikaPariwaraPeriklanan Indonesia tapijuga UUPK, khususnyapromosi yang memberikaninformasi yang tidakbenarsehinggadapatmerugikankonsumen yang tidakkritisdalammencernainformasiiklan. Berdasarkanmetode normative danwawancara yang dilakukan, salahsatucontohterhadappelanggaranterhadaphakkonsumenyaituPromosi yang tidakbenardalampenjualanapartemenbelleza, dimanahal yang dijanjikandalampromosimengenailuas unit apartementidaksesuaidenganjanji yang padasaatpromosipadasaatserahterima yang telahmerugikankonsumen. Kenyataanya, permasalahaninisempatmenjadiperbincanganpublik di media massakarena di sengeketakan di PengadilanNegeri Jakarta Selatan antarakonsumendenganpelakuusaha yang memberikaninformasi yang tidakbenardalampromosi. Olehkarenaitu, diperlukansuatuUndang-Undangtentang Promosi yang diharapkandapatmemberikanperlindunganhukumtidakhanyakepadakonsumentetapijugamerupakanpedomanbagipelakuusaha.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PerlindunganKonsumen, Promosi yang TidakBenar E
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 09 Jul 2018 06:57
Last Modified: 09 Jul 2018 06:57
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/3655

Actions (login required)

View Item View Item