Hubungan antara dimensi tipe kepribadian Big Five (Big Five personality factors) dengan perilaku asertif pada remaja akhir

Melina, Athalia (2022) Hubungan antara dimensi tipe kepribadian Big Five (Big Five personality factors) dengan perilaku asertif pada remaja akhir. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
ilovepdf_merged (25).pdf

Download (174kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tipe kepribadian Big Five (Big Five personality factors) dengan perilaku asertif pada remaja akhir. Tipe kepribadian big five terdiri dari lima dimensi, yaitu Openness to Experience, Conscientiousness, Extraversion, Agreeableness, dan Neuroticism. Masing-masing dimensi terdiri dari enam sub-dimensi. Perilaku asertif adalah perilaku yang memampukan individu untuk bertindak sesuai dengan keinginannya, menonjolkan diri tanpa harus merasa cemas, mengekspresikan perasaan-perasaannya secara nyaman, dan untuk menyatakan kemauan tanpa mengabaikan hak atau kepentingan orang lain. Jumlah subyek dalam penelitian ini adalah 168 subyek. Metode pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan analisis data dengan menggunakan uji korelasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (a) Pada dimensi Openness to Experience, r = 0,398 dan p < 0,01; (b) Pada dimensi Conscientiousness , r = 0,481 dan p < 0,01; (c) Pada dimensi Extraversion, r = 0,466 dan p < 0,01; (d) Pada dimensi Agreeableness, r = 0,113 dan p > 0,05; (e) Pada dimensi Neuroticism, r = -0,465 dan p < 0,01.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Fransisca Iriani, R. D., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Tipe kepribadian Big Five, Perilaku Asertif, Remaja akhir.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 28 Jun 2022 07:20
Last Modified: 28 Jun 2022 07:20
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/36550

Actions (login required)

View Item View Item