PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN KEPEMILIKAN ASING TERHADAP PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN – Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2015

Yanti, Martha (2017) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN KEPEMILIKAN ASING TERHADAP PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN – Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2015. Masters thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

[img] Text
Martha Yanti 127132008 JA.pdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Corporate organizations as legal entities are obligied to be responsible for every activies of the company, which is related to the environment, employees, and society as a company’s step to prevent threats to the company’s future. Corporate social responsibility is a commitment for a sustainable economic development of the company to improve all aspects of the company’s operations in accordance with applicable laws and regulations and norms that are consistently applicable in society.social responsibility disclosure is one confirmation of responsibility and the evidence of the company’s contribution to the stakeholders. The aim of this was to determine the effect of firm size, profitability, leverage, and foreign ownership to corporate social responsibility disclosure index in manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange. The population on this research were all manufacturing firm listed in Indonesia Stock Exchange (IDX) during the period of 2011-2015. Total sample in this research were 31 firms that selected with purposive sampling technique. Analysis regression ofpanel data in this study conducts Eviews 9.0. The data analysis technique used was Robust Regression or Robust Least Square. Result of this analysis simultaneous showed thatfirm size, profitability, leverage, and foreign ownershiphave a significant influence to corporate social responsibility disclosure index. Result of this analysis partial showedfirm size, profitability, and foreign ownershiphavepositive influence to corporate social responsibility disclosure index, while leverage have no influence to the corporate social responsibility disclosure index. Keywords:CSR,corporate social responsibility, disclosure, firm size, profitability, leverage,foreign ownership. Perusahaan sebagai badan hukum diwajibkan untuk bertanggung-jawab atas setiap aktivitas perusahaan, baik kepada lingkungan, karyawan, dan masyarakat sebagai langkah perusahaan untuk mencegah terjadinya ancaman bagi perusahaan di masa depan. Tanggung jawab sosial merupakan suatu komitmen pengembangan ekonomi berkelanjutan yang dilakukan perusahaan dalam peningkatan semua aspek operasional perusahaan sesuai dengan ketentuan hukum dan norma yang berlaku dalam masyarakat. Pengungkapan tanggung jawab sosial merupakan salah satu bentuk tanggung jawab dan bukti perusahaan atas kontribusinya kepada para pemangku kepentingan. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris bahwa ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, dan kepemilikan asing berpengaruh pada pengungkapan tanggungjawab sosial perusahaan secara simultan dan parsial. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2011 sampai dengan 2015. Total sampel penelitian adalah 31 perusahaan dengan total pengamatan selama 5 tahun, sehingga jumlah sampel sebanyak 155 perusahaan manufaktur dengan data sekunder yang ditentukan melalui metode purposive atau judgement sampling. Desain penelitian ini berupa kausal dengan menguji pengaruh variabel tergantung terhadap variabel terikat serta untuk mengetahui hubungan korelasinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa regresi data panel dengan menggunakan program EViews 9.0 dengan Robust Regression atau Robust Least Square. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan variabel ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, dan kepemilikan asing memiliki pengaruh terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Ukuran perusahaan, profitabilitas, dan kepemilikan asing secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan, sedangkan. Leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Kata kunci: CSR, corporate social responsibility, pengungkapan, ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, kepemilikan asing.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 28 Jun 2022 08:01
Last Modified: 13 Apr 2023 04:05
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/36568

Actions (login required)

View Item View Item