PENGARUH KOMPETENSI STRATEGI, KOMPETENSI ETIKA, DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP PERTUMBUHAN USAHA WISATA KULINER DI BELITUNG YANG DIMEDIASI OLEH KOMPETENSI JARINGAN USAHA

CANDRA, RICO (2021) PENGARUH KOMPETENSI STRATEGI, KOMPETENSI ETIKA, DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP PERTUMBUHAN USAHA WISATA KULINER DI BELITUNG YANG DIMEDIASI OLEH KOMPETENSI JARINGAN USAHA. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Rico Candra 115180019 JA.pdf

Download (891kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kompetensi Strategi, Kompetensi Etika, dan Orientasi Kewirausahaan terhadap Pertumbuhan Usaha dengan Kompetensi Jaringan Usaha sebagai variabel mediasi pada Usaha Wisata Kuliner di Belitung. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 64 responden yang merupakan pemilik usaha wisata kuliner di Belitung. Teknik pemilihan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling, yaitu berdasarkan kriteria tertentu agar dapat memberikan informasi yang dibutuhkan oleh peneliti, dimana sampel yang terpilih dalam penelitian ini merupakan pemilik usaha yang bergerak pada sektor wisata kuliner di Belitung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi strategi, kompetensi etika dan orientasi kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi jaringan usaha. Demikian pula halnya dengan kompetensi jaringan usaha berpengaruh positif terhadap pertumbuhan usaha. Dalam penelitian ini kompetensi jaringan usaha mampu memediasi pengaruh antara kompetensi strategi, kompetensi etika, dan orientasi kewirausahaan terhadap pertumbuhan usaha. Kompetensi Strategi, Kompetensi Etika, Orientasi Kewirausahaan, Kompetensi Jaringan Usaha, Pertumbuhan Usaha, Usaha Wisata Kuliner. The purpose of this paper is twofold. First, to investigate the effect of strategy competence, ethic competence, and entrepreneurial orientation on the business growth in a tourism culinary in Belitung Island. And secand, to explore the role of network competence as a mediator among these understudied variables. The sample used in this research is as many as 64 respondents who are the owners of the tourism culinary business in Belitung. This study uses data analysis with the Partial Least Square (PLS) approach in the form of the SmartPLS version 3.0 application. The result of this research shows that strategiy competence, ethic competence, and entrepreneurial orientation have a positive and significant effect on the network competence, networking competence have a positive and significant effect on the busniess growth, then the network competece is able to mediate the effect of strategiy competence, ethic competence, and entrepreneurial orientation on the tourism culinary business growth. Strategy Competence, Ethic Competence, Entrepreneurial Orientation, Networking Competence, Business Growth, Culinary Tourism Business.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 29 Jun 2022 07:28
Last Modified: 26 Jul 2023 08:46
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/36596

Actions (login required)

View Item View Item