PENGARUH ETNOSENTRISME KONSUMEN, PERSEPSI KUALITAS, DAN NILAI EMOSIONAL TERHADAP INTENSI MEMBELI PRODUK STREETWEAR MEREK LOKAL PADA GENERASI Z DI JAKARTA

SHERINA, SHERINA (2022) PENGARUH ETNOSENTRISME KONSUMEN, PERSEPSI KUALITAS, DAN NILAI EMOSIONAL TERHADAP INTENSI MEMBELI PRODUK STREETWEAR MEREK LOKAL PADA GENERASI Z DI JAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Sherina 115180084 JA.pdf

Download (454kB)

Abstract

The purpose of this study is to determine: 1) the effect of consumer ethnocentrism on the intention to buy local brand streetwear products in Generation Z in Jakarta, 2) the effect of perceived quality on the intention to buy local brand streetwear products in Generation Z in Jakarta, 3) the effect of emotional values on intention to buy local brand streetwear products in Generation Z in Jakarta. The sampling technique used in this research is non-probability sampling using convenience sampling technique. Data collection using a google form questionnaire distributed through social media with a total of 200 respondents but only 197 data that can be used. Data processing in this study using SmartPLS software version 3.2.9. The sample in this study is Generation Z with an age range of 9-24 years who live in Jakarta who are familiar with local brand streetwear. The results of the analysis of this study are: 1) consumer ethnocentrism can positively and significantly influence the intention to buy local brand streetwear products in Generation Z in Jakarta, 2) perceived quality can influence the intention to buy local brand streetwear products in Generation Z in Jakarta positively and significantly. 3) emotional value can positively and significantly influence the intention to buy local brand streetwear products in Generation Z in Jakarta. Keywords: Consumer Ethnocentrism, Perceived Quality, Emotional Value, Purchase Intention. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui: 1) pengaruh etnosentrisme konsumen terhadap intensi membeli produk streetwear merek lokal pada generasi Z di Jakarta, 2) pengaruh persepsi kualitas terhadap intensi membeli produk streetwear merek lokal pada generasi Z di Jakarta, 3) pengaruh nilai emosional terhadap intensi membeli produk streetwear merek lokal pada generasi Z di Jakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu non-probability sampling dengan menggunakan teknik convenience sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner google form yang didistribusikan melalui media sosial dengan total 200 responden namun hanya 197 data yang dapat digunakan. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan software SmartPLS versi 3.2.9. Sampel pada penelitian ini adalah generasi Z dengan rentang usia 9-24 tahun yang berdomisili di Jakarta yang familiar akan produk pakaian streetwear merek lokal. Hasil analisis dari penelitian ini yaitu: 1) etnosentrisme konsumen dapat memengaruhi intensi membeli produk streetwear merek lokal pada generasi Z di Jakarta secara positif dan signifikan, 2) persepsi kualitas dapat memengaruhi intensi membeli produk streetwear merek lokal pada generasi Z di Jakarta secara positif dan signifikan, 3) nilai emosional dapat memengaruhi intensi membeli produk streetwear merek lokal pada generasi Z di Jakarta secara positif dan signifikan. Kata Kunci: Etnosentrisme Konsumen, Persepsi Kualitas, Nilai Emosional, Intensi Membeli.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 30 Jun 2022 02:09
Last Modified: 30 Jun 2022 02:09
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/36612

Actions (login required)

View Item View Item