PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA UKM PAKAIAN DALAM MENGHADAPI PANDEMI COVID-19

ARPIN, WINDY (2022) PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA UKM PAKAIAN DALAM MENGHADAPI PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Windy Arpin 115180238 JA.pdf

Download (858kB)

Abstract

The purpose of this study was to determine whether the dimensions of Entrepreneurship Orientation, namely Creativity and Innovation, Risk Taking, Proactivity, and Autonomy have an influence on the performance of apparel SMEs. The population in this study is clothing-line SMEs. The author collected data from 55 respondends who owned clothing-line SMEs in Tanah Abang, Central Jakarta, and have been collected from October 2021 to December 2021. The sampling technique that been use is non-probability sampling with purposive sampling method. Data collection was carried out using a Likert scale questionnaire. This research uses Smart Partial Least Square (PLS) software version 3.0 as a data analysis method. Overall the results of this study are Creativity and Innovativeness have an influence on the performance of apparel SMEs in Tanah Abang, Central Jakarta during the Covid-19 pandemic, Risk Taking has no effect on the performance of apparel SMEs in Tanah Abang, Central Jakarta, West Jakarta in During the Covid-19 pandemic, Proactiveness had an influence on the performance of apparel SMEs in Tanah Abang, Central Jakarta during the Covid-19 pandemic, and Autonomy had no influence on the Performance of apparel SMEs in Tanah Abang, Central Jakarta during the Covid-19 pandemic. Keywords: Entrepreneurial Orientation, Creativity and Innovativeness, Risk Taking, Proactiveness, Autonomy, Performance, SMEs. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Dimensi Orientasi Kewirausahaan, yaitu Kreativitas dan Inovasi, Pengambilan Risiko, Proaktif, dan Otonomi memiliki pegaruh terhadap Kinerja UKM pakaian jadi. Populasi dalam penelitian ini adalah UKM pakaian jadi. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu 55 responden pemilik UKM pakaian jadi di Tanah Abang, Jakarta Pusat, yang kusionernya disebarkan sejak Oktober 2021 sampai dengan Desember 2021. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu non-probability sampling dengan metode pengambilan sampel purposive sampling. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan kusioner berskala Likert. Penelitian ini menggunakan Software Smart Partial Least Square (PLS) versi 3.0 sebagai metode analisis data. Secara keseluruhan hasil dari penelitian ini, yaitu Kreativitas dan Inovasi memiliki pengaruh terhadap Kinerja UKM pakaian jadi di Tanah Abang, Jakarta Pusat pada masa pandemi Covid-19, Pengambilan Risiko tidak berpengaruh terhadap Kinerja UKM pakaian jadi di Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jakarta Barat pada masa pandemi Covid-19, Proaktif memiliki pengaruh pengaruh terhadap Kinerja UKM pakaian jadi di Tanah Abang, Jakarta Pusat pada masa pandemi Covid-19, dan Otonomi tidak memiliki pengaruh terhadap Kinerja UKM pakaian jadi di Tanah Abang, Jakarta Pusat pada masa pandemi Covid-19. Kata Kunci: Orientasi Kewirausahaan, Kreativitas dan Inovasi, Pengambilan Risiko, Proaktif, Otonomi, Kinerja Usaha, UKM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 30 Jun 2022 07:57
Last Modified: 30 Jun 2022 07:57
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/36684

Actions (login required)

View Item View Item