PENGARUH LINGKUNGAN KEWIRAUSAHAAN DAN PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KESIAPAN MEMULAI START-UP BISNIS MAHASISWA DI JAKARTA

ANANDA, YOANA (2022) PENGARUH LINGKUNGAN KEWIRAUSAHAAN DAN PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KESIAPAN MEMULAI START-UP BISNIS MAHASISWA DI JAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Yoana Ananda 115180132 JA.pdf

Download (519kB)

Abstract

Indonesia berada pada peringkat ke-4 salah satu negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia yaitu dengan total 268.074.600 jiwa dan semakin bertambah setiap tahunnya. Dengan jumlah penduduk yang sangat padat, maka tingkat pengangguran di Indonesia juga semakin tinggi khususnya pada pandemic Covid-19 ini. Sementara di sisi lain, masyarakat juga harus tetap mampu membiayai kehidupannya di tengah pandemi seperti ini. Salah satu cara untuk mengatasi masalah seperti ini adalah dengan berwirausaha. Maka dari itu, banyak masyarakat Indonesia yang mulai menjadi wirausaha untuk memulai start-up. Ada banyak faktor-faktor pendukung start-up. Tetapi karena keterbatasan peneliti, peneliti hanya meneliti 2 variabel yaitu lingkungan kewirausahaan dan pengetahuan kewirausahaan karena kedua variabel itu merupakan bagian dari ekosistem kewirausahaan. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 130 responden yang merupakan mahasiswa/I yang tinggal di Jakarta. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan google form dengan skala interval 1-4. Penelitian ini menggunakan Software Smart Partial Least Square (PLS)-Structural Equation Model (SEM) versi 3.3.3. Teknik pengambilan sampel ini menggunakan metode probability sampling dengan kriteria simple random sampling.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lingkungan kewirausahaan dan pengetahuan kewirausahaan memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kesiapan memulai start-up. Indonesia is ranked 4th as one of the countries with the largest population in the world, with a total of 268,074,600 people and increasing every year. With a very dense population, the unemployment rate in Indonesia is also getting higher, especially during this Covid-19 pandemic. While on the other hand, the community must also be able to finance their lives in the midst of a pandemic like this. One way to solve problems like this is by entrepreneurship. Therefore, many Indonesian people are starting to become entrepreneurs to start start-ups. There are many factors supporting a start-up. However, due to the limitations of the researcher, the researcher only examined 2 variables, namely the entrepreneurial environment and entrepreneurial knowledge because both variables are part of the entrepreneurial ecosystem. This research method uses quantitative methods with the number of samples used in this study as many as 130 respondents who are students living in Jakarta. Data retrieval in this study using google form with an interval scale of 1-4. This research uses Smart Partial Least Square (PLS)-Structural Equation Model (SEM) version 3.3.3. This sampling technique uses a probability sampling method with simple random sampling criteria. The results of this study indicate that the entrepreneurial environment and entrepreneurial knowledge have a significant positive influence on readiness to start a start-up.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 30 Jun 2022 08:07
Last Modified: 30 Jun 2022 08:07
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/36689

Actions (login required)

View Item View Item