Psychological well-being dan Kegiatan pada Masa Pensiun (Studi pada Pensiunan Instansi Pemerintah di Jakarta yang Masih Aktif Bekerja dan Tidak Bekerja

Anggraini, Dian Eka (2022) Psychological well-being dan Kegiatan pada Masa Pensiun (Studi pada Pensiunan Instansi Pemerintah di Jakarta yang Masih Aktif Bekerja dan Tidak Bekerja. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
ilovepdf_merged (4).pdf

Download (140kB)

Abstract

Kesejahteraan psikologis didefinisikan sebagai bebas dari segala bentuk distress dan problem mental, juga didefinisikan sebagai kondisi di mana seseorang memiliki pandangan diri yang positif, penguasaan lingkungan, autonomi, relasi yang positif dengan orang lain, memiliki tujuan, arah serta memaknai kehidupan dan perasaan untuk terus tumbuh dan berkembang sebagai pribadi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesejahteraan psikologis dan aktivitas masa pensiun pada individu pensiunan instansi pemerintah di Jakarta yang masih aktif bekerja dan tidak bekerja. Subyek penelitian ini berjumlah 400 responden dan mengambil lokasi di kantor dana pensiun, departemen, instansi yang mempunyai perkumpulan khusus pensiun, yayasan kesejahteraan pensiun maupun mendatangi rumah responden. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan data dianalisis dengan SPSS 13.0. Berdasarkan hasil penelitian variabel kesejahteraan psikologis, diperoleh mean empirik 3.8281 (SD= 0.33032) dengan demikian dapat disimpulkan bahwa para pensiunan memiliki kesejahteraan psikologis yang cukup tinggi dan pada kelompok pensiunan yang bekerja memiliki tingkat kesejahteraan psikologis yang tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Widya Risnawaty, M. Psi & Dra. Ninawati, MM
Uncontrolled Keywords: masa pensiun, aktivitas, Psychological well-being.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 01 Jul 2022 06:52
Last Modified: 01 Jul 2022 06:52
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/36705

Actions (login required)

View Item View Item