Gambaran konsep diri pemain online game jenis MMORPG

Ricky, Fabianus (2022) Gambaran konsep diri pemain online game jenis MMORPG. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
KatapengantarDKK.doc.pdf

Download (128kB)

Abstract

MMORPG (Massively Multiplayer Online Role Playing Game) merupakan tema online game yang populer di seluruh dunia. Kepopuleran MMORPG dirasakan oleh individu yang memasuki masa dewasa muda. Dalam MMORPG pemain dapat memilih dan membentuk karakter fiksi yang sesuai dengan dirinya. Pembentukan karakter ini berkaitan dengan konsep diri pemain online game. Menurut Fitts, konsep diri adalah penilaian individu terhadap dirinya sendiri yang dapat mempengaruhi perilakunya dalam berinteraksi dengan orang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran konsep diri pemain online game jenis MMORPG. Instrumen dalam penelitian ini adalah kuesioner yang diberikan kepada 403 pemain online game dengan rentang usia 20-40 tahun. Data yang telah terkumpul diolah dengan menggunakan program SPSS (Statistical Program for Social Science) 17.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi internal dan dimensi eksternal konsep diri pemain online game jenis MMORPG cenderung tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sandi Kartasasmita, M.Psi
Uncontrolled Keywords: Konsep diri, Dewasa muda, Online game
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 01 Jul 2022 06:59
Last Modified: 01 Jul 2022 06:59
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/36707

Actions (login required)

View Item View Item