Hubungan antara konformitas terhadap teman sebaya dengan body image (studi pada remaja akhir yang menjadi member fitnes di Universitas X

Pribadi, Roland Bonggo (2022) Hubungan antara konformitas terhadap teman sebaya dengan body image (studi pada remaja akhir yang menjadi member fitnes di Universitas X. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (302kB)

Abstract

Konformitas merupakan pengaruh sosial yang dapat mengubah perilaku individu di dalam kelompok. Konformitas pada remaja terjadi karena keintiman dan keterikatan remaja dengan teman sebayanya. Body image adalah suatu gambaran, perilaku, persepsi, perasaan, serta evaluasi tentang penampilan tubuh individu terhadap dirinya. Secara umum body image pada remaja dipengaruhi oleh faktor biologis dan faktor kultur sosial. Konformitas menjadi salah satu unsur pada faktor kultur sosial yang memengaruhi body image. Penelitian ini bertujuan membuktikan hubungan antara konformitas pada teman sebaya dengan body image pada remaja yang menjadi member fitnes yang dilakukan dengan metode kuantitatif. Teknik sampling menggunakan cluster sampling dan convenience. Subjek berumur 18-22 tahun dan menjadi member aktif di universitas X. Analisis data menggunakan Correlations Spearman Rho. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan negatif antara konformitas dengan body image pada remaja yang mengikuti fitnes. Semakin tinggi tingkat konformitas pada remaja, maka semakin negatif body image-nya. Sedangkan semakin rendah tingkat konformitas pada remaja, maka semakin positif body image-nya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Miniwaty Halim, M.Psi., & Dra. Ninawati, MM.
Uncontrolled Keywords: konformitas, body image, dan remaja
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 01 Jul 2022 07:33
Last Modified: 01 Jul 2022 07:33
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/36713

Actions (login required)

View Item View Item