Gambaran Penyesuaian Diri Dewasa Awal Penyandang Tunanetra Total Secara Mendadak

Fenny, Fenny (2022) Gambaran Penyesuaian Diri Dewasa Awal Penyandang Tunanetra Total Secara Mendadak. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Kata Pengantar - Abstrak (fenny, 70506008) ^^.doc.pdf

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penyesuaian diri dewasa awal penyandang tunanetra total secara mendadak. Penyesuaian diri merupakan usaha yang dilakukan oleh individu untuk memperoleh keselarasan antara tuntutan dalam diri dan tuntutan dari lingkungannya. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif. Data penelitian diambil dengan teknik wawancara secara mendalam kepada lima subyek. Peneliti melakukan wawancara dari tanggal 9 Januari 2010 sampai tanggal 13 Mei 2010. Subyek penelitian berusia 25 sampai 33 tahun, mengalami ketunanetraan total secara mendadak pada rentang usia 22 sampai 25 tahun, mengalami ketunanetraan total minimal satu tahun, tidak tunaganda, dan status pendidikan minimal SMP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelima subyek tidak dapat memenuhi semua karakteristik penyesuaian diri yang efektif, yaitu memiliki persepsi yang akurat terhadap realitas, mampu menangani stres, memiliki gambaran diri yang positif, mampu mengekspresikan perasaan, dan memiliki hubungan interpersonal yang baik. SB tidak memiliki gambaran diri yang positif sepenuhnya. FT dan DN tidak mampu mengekspresikan perasaan negatif mereka. SB, CK, DN, dan AS tidak memiliki hubungan interpersonal yang baik dengan lawan jenis atau pasangan mereka yang tidak tunanetra.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Miniwaty Halim, M. Psi & Dra. Ninawati, M.M
Uncontrolled Keywords: Penyesuaian Diri, Dewasa Awal, Tunanetra
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 01 Jul 2022 08:14
Last Modified: 01 Jul 2022 08:14
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/36722

Actions (login required)

View Item View Item