Pengembangan Alat Ukur Obedience (Untuk Digunakan pada Remaja Akhir)

Lim, Nur Riani Dharmaputri (2022) Pengembangan Alat Ukur Obedience (Untuk Digunakan pada Remaja Akhir). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
1 Cover.pdf

Download (232kB)

Abstract

Penelitian ini dibuat untuk merancang Alat Ukur Obedience yang valid dan reliabel. Obedience merupakan perilaku individu berupa kepatuhan terhadap instruksi atau perintah yang diberikan, dimana pemberi perintah biasanya memiliki status yang lebih tinggi daripada penerima perintah. Alat ukur obedience yang dibuat berfokus kepada obedience terhadap orang tua dan obedience terhadap guru atau dosen. Peneliti memilih sampel remaja akhir, khususnya mahasiswa yang berusia 17 hingga 24 tahun. Peneliti memperoleh 179 partisipan, 84 laki-laki dan 95 perempuan, yang didapatkan dari Universitas X. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Alat Ukur Obedience terhadap Orang Tua dan Alat Ukur Obedience terhadap Guru atau Dosen menghasilkan masing-masing 30 pernyataan sebagai butir dan instruksi pengerjaan; (2) Alat Ukur Obedience terhadap Orang Tua dan Alat Ukur Obedience terhadap Guru atau Dosen dinyatakan sudah reliabel secara internal consistency reliability; (3) Alat Ukur Obedience terhadap Orang Tua dapat dikatakan valid secara content, face, dan construct (kecuali evidence from distinct group: sex evidence), dan Alat Ukur Obedience terhadap Guru atau Dosen dapat dikatakan valid secara content, face, criterion, dan construct; (4) Pada penyusunan Alat Ukur Obedience dihasilkan norma percentile rank.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Tommy Y. S. Suyasa, M.Si., Psi.
Uncontrolled Keywords: Obedience terhadap Orang Tua, Obedience terhadap Guru atau Dosen, Pengukuran, Remaja
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 01 Jul 2022 08:37
Last Modified: 01 Jul 2022 08:37
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/36726

Actions (login required)

View Item View Item