Perbandingan Psychological Well-Being pada perempuan dewasa awal dan perempuan dewasa madya yang berhasil dalam bedah plastik estetik.

Hartanto, Bobby (2022) Perbandingan Psychological Well-Being pada perempuan dewasa awal dan perempuan dewasa madya yang berhasil dalam bedah plastik estetik. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Text.pdf

Download (794kB)

Abstract

Perempuan pada masa sekarang terpapar dengan informasi tentang manfaat dan pentingnya bedah estetik, walaupun sebagian besar informasi tersebut dilebih-lebihkan. Alasan utama yang sering diungkapkan oleh perempuan yang menjalani pembedahan adalah rasa tidak aman terhadap tubuhnya. Mereka siap untuk menginvestasikan waktu dan uang dalam menjalani pembedahan estetik untuk meningkatkan penampilan namun cenderung mengabaikan dampak psikologis dari pembedahan tersebut. Penelitian ini mengkaji dampak psikologis tersebut dengan mewawancarai enam orang subyek perempuan yang telah menjalani pembedahan estetik. Enam dimensi Psychological Well-Being (PWB) yang dikemukakan oleh Carol Ryff digunakan untuk menganalisis dampak psikologis subyek pasca pembedahan. Hasil penelitian menunjukkan seluruh subyek secara keseluruhan tidak mengalami perubahan positif yang signifikan. Perempuan yang berusaha mengecilkan makna dari bedah estetik dan hasil bedahnya yang berhasil akan cenderung tidak memperoleh perubahan positif yang signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Henny E. Wirawan, M. Hum., psi., psikoterapis, QIA, CRMP
Uncontrolled Keywords: Psychological Well-Being, Bedah Estetik, Perempuan Dewasa Awal, Perempuan Dewasa Madya.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 04 Jul 2022 08:55
Last Modified: 04 Jul 2022 08:55
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/36735

Actions (login required)

View Item View Item