Gambaran Konflik dan Penyesuaian Diri pada Guru yang Mengajar di Sekolah Inklusi

Jesica, Jesica (2022) Gambaran Konflik dan Penyesuaian Diri pada Guru yang Mengajar di Sekolah Inklusi. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Text.pdf

Download (232kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui mengenai gambaran konflik dan penyesuaian diri pada guru yang mengajar di sekolah inklusi. Dalam menganalisis konflik dikaji berdasarkan teori dari Lewin dan Miller (dikutip dalam Haber & Runyon, 1984) serta Luthans (2008). Analisis mengenai penyesuaian diri yang efektif, dianalisis berdasarkan kajian teori Powell (1983). Subyek yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak empat orang, yaitu usia dewasa awal yang berprofesi sebagai guru di sekolah inklusi. Proses pengambilan data dilakukan melalui teknik wawancara dalam rentang waktu antara bulan Oktober 2011 sampai dengan Februari 2012. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa konflik yang dialami para guru umumnya disebabkan karena kurangnya pengetahuan mengenai cara penanganan ABK (Anak Berkebutuhan Khusus), minimnya pelatihan bagi para guru, fasilitas sekolah yang kurang mendukung, serta kurangnya panduan yang jelas mengenai tata cara pelaksanaan sekolah inklusi. Masing-masing subyek melakukan penyesuaian diri yang efektif melalui tingkah laku realistis, menerima kecemasan dan mengerti tujuan yang ingin dicapai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Rahmah Hastuti, M. Psi. & Niken Widiastuti, M. Si., Psi.
Uncontrolled Keywords: konflik, penyesuaian diri, guru, sekolah inklusi, dewasa awal
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 06 Jul 2022 02:29
Last Modified: 06 Jul 2022 02:29
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/36753

Actions (login required)

View Item View Item