Gambaran Konflik Pernikahan dan Couple Resilience pada Pasangan Suami Istri Katolik (Studi Deskriptif pada Pasangan Suami Istri di Jakarta dan Tangerang)

Sesilia, Elizabeth Yosefa (2022) Gambaran Konflik Pernikahan dan Couple Resilience pada Pasangan Suami Istri Katolik (Studi Deskriptif pada Pasangan Suami Istri di Jakarta dan Tangerang). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Text.pdf

Download (280kB)

Abstract

Konflik pada pasangan suami istri pernikahan Katolik beragam, dengan enam sumber konflik, yaitu anak, ekonomi, latarbelakang keluarga, seksual, komunikasi dan agama. Dengan banyaknya sumber konflik yang muncul pada pasangan suami istri Katolik, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran konflik pada para pasangan suami istri yang menikah secara Katolik berdasarkan sumber-sumber konflik tersebut dan untuk mengetahui dimensi couple resilience yang paling berperan dalam penyelesaian konflik. Karakteristik subyek dalam penelitian ini adalah para pasangan suami istri dewasa muda yang menikah secara Katolik dan berdomisili di Jakarta dan Tangerang. Subyek yang diperoleh dalam penelitian ini sebanyak 104 pasang. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan metode kuantitatif non-eksperimental dengan teknik survei. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif. Penelitian ini memperlihatkan berbagai macam konflik yang dimiliki oleh para pasangan suami istri Katolik, dengan dimensi konflik yang dominan terdapat pada dimensi komunikasi dan dimensi couple resilience yang dominan adalah dimensi anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Denrich Suryadi, M.Psi.
Uncontrolled Keywords: Konflik pernikahan dan couple resilience
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 06 Jul 2022 02:34
Last Modified: 06 Jul 2022 02:34
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/36754

Actions (login required)

View Item View Item