Gambaran Penyesuaian Diri (Self-Adjustment) Perempuan yang pernah Menjadi Korban Perdagangan Manusia (Human Trafficking)

Priskila, Hana (2022) Gambaran Penyesuaian Diri (Self-Adjustment) Perempuan yang pernah Menjadi Korban Perdagangan Manusia (Human Trafficking). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Text.pdf

Download (350kB)

Abstract

Menjadi korban perdagangan manusia (human trafficking) yang secara khusus diperdagangkan untuk tujuan prostitusi merupakan pengalaman yang menyakitkan di dalam kehidupan setiap individu. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran penyesuaian diri (self-adjustment) perempuan yang pernah menjadi korban perdagangan manusia (human trafficking). Penyesuaian diri (self-adjustment) merupakan proses psikologis yang terjadi ketika individu mencoba untuk mengatur dan mengatasi berbagai tuntutan dan tantangan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari (Weiten & Lloyd, 2003). Penyesuaian diri (self-adjustment) perlu dilakukan oleh setiap individu setelah berhenti beraktivitas sebagai pekerja seks komersial (PSK). Wawancara mendalam (in-depth interview) dilakukan dalam rentang waktu empat bulan, sejak April 2012 sampai Juli 2012 terhadap empat orang perempuan dengan rentang usia 28 sampai 33 tahun yang pernah menjadi korban perdagangan manusia (human trafficking) pada masa remajanya. Secara umum, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keempat subyek dapat berhenti beraktivitas sebagai pekerja seks komersial (PSK) sampai saat ini dan dapat memenuhi kebutuhannya dari penghasilannya saat ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Henny E. Wirawan, M.Hum, Psi, QIA
Uncontrolled Keywords: Penyesuaian diri, Perdagangan Manusia, dan Perempuan
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 06 Jul 2022 03:31
Last Modified: 06 Jul 2022 03:31
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/36760

Actions (login required)

View Item View Item